Ini 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Semburan lava pijar pada kawah Gunung Slamet terlihat dari Desa Pandansari, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Kamis (4/9/2014). - ANTARA
05 Oktober 2021 22:57 WIB Ayyubi Kholid Saifullah Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menjulang tinggi di atas kita, pegunungan megah di Indonesia benar-benar menakjubkan.

Dari puncak gunung berapi hingga tebing terjal di Papua, dilansir dari wowshack.com Selasa (05/10/2021) inilah 10 gunung tertinggi di Indonesia.

1. Gunung Slamet

Ditemukan di Jawa Tengah, stratovolcano yang indah ini memiliki ketinggian 3.428 m. Tetap aktif hari ini dan terakhir meletus September 2014. Memiliki 4 kawah di puncaknya.

2. Gunung Rantekambola

Anda mungkin belum pernah mendengarnya, tetapi ini adalah gunung tertinggi kedua di Sulawesi. Itu berdiri di 3.455m dan benar-benar tontonan alam.

3. Gunung Rantemario

Ditemukan di pegunungan Latimojong Sulawesi Selatan, Rantemario berdiri di ketinggian 3.478m yang mengesankan. Dikelilingi oleh hutan hijau subur dan merupakan gunung tertinggi di Sulawesi.

4. Gunung Sanggar

Cukup diketahui, keindahan tersembunyi di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki tinggi 3.492m. Tidak sering dikunjungi oleh para trekker Gunung sanggar kalah popularitas dengan tetangganya, Rinjani dan Tambora.

5. Gunung Semeru

Juga dikenal sebagai Mahameru, diyakini oleh umat Hindu sebagai tempat tinggal para Dewa. Ini adalah gunung berapi tertinggi di Jawa, ditemukan di Timur, dengan ketinggian hingga 3.676 m.

6. Gunung Rinjani

Tantangan populer bagi banyak trekker. Gunung berapi Lombok yang megah ini menjulang setinggi 3.726 m, menawarkan pemandangan danau kaldera bagian dalam yang indah yang disebut Segara Anak, atau Anak Laut.

7. Gunung Kerinci

Ditemukan di Jambi, Sumatera, ini adalah gunung berapi tertinggi di negara ini. Tingginya 3.805 m dan memiliki pemandangan Taman Nasional Kerinici Seblat yang indah, rumah bagi Harimau dan Badak Sumatera yang terancam punah.

8. Puncak Trikora

Berada di ketinggian terjal di wilayah Papua di Indonesia. Trikora yang perkasa, yang sebelumnya dikenal sebagai Gunung Wilhelmina, yang tingginya 4.750m

9. Puncak Mandala

Raksasa ini memiliki tinggi 4,760m. Mandala dulunya memiliki gletser di puncaknya, tetapi seiring waktu, gletser itu memudar. Padahal, itu masih tetap menjadi bagian geografi yang megah.

10. Gunung Carstenz

Dengan ketinggian 4.884 m, Gunung Carstensz di Irian Jaya adalah gunung tertinggi di negara ini, dan sebenarnya Oseania. Puncak Jaya adalah puncak tertingginya. Dengan puncak yang tertutup salju dan pegunungan yang mematikan, ini adalah tantangan impian bagi pendaki atau trekker pecandu adrenalin.

Sumber : Bisnis.com