Kampung Wisata Dipopulerkan dengan Sepeda

Kegiatan Visiting Jogja Cycling Tour untuk mengenalkan kampung wisata, Sabtu (18/12/2021). - Ist.
19 Desember 2021 07:47 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Komunitas Jogja Pit Ringkes (JPR) bersama dengan Dinas Pariwisata DIY menggelar Visiting Jogja Cycling Tour (VJCT) pada Sabtu (18/12/2021). Kegiatan bersepeda ini mengelilingi sejumlah kampung wisata.

Panitia VJCT 2021 Panji Prasetya menjelaskan selama ini kampung wisata gaungnya tak sepopuler dengan desa wisata. Oleh karena itu sejumlah kampung wisata di Kota Jogja berupaya dipopulerkan melalui kunjungan wisata bersepeda. Salah satunya melalui VJCT yang rencananya akan menjadi agenda tahunan wisata.

“Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk tetap hidup sehat dan lebih mengenal kampung wisata, khususnya yang di wilayah DIY, karena selama ini kampung wisata tak sepopuler desa wisata, ini menggunakan Aplikasi Visiting Jogja yang bisa didownload di Play Store dan App Store,” katanya Sabtu (18/12/2021).

Ia menambahkan kegiatan bersepeda itu melibatkan 125 peserta yang dibagi menjadi delapan kloter dengan mematuhi protokol kesehatan. Adapun start dan finish berlangsung di Museum Sonobudoyo,” katanya.

Adapun sejumlah kampung wisata yang dikunjungi antara lain Pakualaman, Langensariu, Kadipaten, Kauman, Tahunan, Dewobronto, Sosromenduran dan Tamansari. “Yang diunggulkan adalah story telling, karena setiap kampung memiliki cerita unik dan menarik, sarat dengan nuansa sejarah, sehingga peserta cukup terhibur,” ujarnya.