Advertisement

Liburan Akhir Tahun, Ini 5 Lokasi Sentra Batik Terkenal di Jogja

Bhekti Suryani
Kamis, 23 Desember 2021 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Liburan Akhir Tahun, Ini 5 Lokasi Sentra Batik Terkenal di Jogja Hiruk pikuk pengunjung di Pasar Beringharjo pada Jumat (30/10/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kota Jogja tak hanya terkenal dengan wisata budaya dan alamnya, melainkan juga tempat belanja batik yang murah bagi wisatawan. 

Di Jogja terdapat sejumlah kawasan yang merupakan pusat atau sentra penjualan batik yang bisa menjadi pilihan wisatawan saat liburan akhir tahun, seperti jelang libur Natal dan Tahun (Nataru) 2022 saat ini.

Advertisement

Dilansir dari sejumlah sumber, berikut sejumlah kawasan atau sentra batik di Jogja yang dapat menjadi referensi bagi wisatawan versi Harianjogja.com.

1. Kawasan Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo sudah dikenal dan melegenda sebagai salah satu pasar tradisional terbesar di Jogja. Di kawasan ini wisatawan bisa memilih beragam pakaian batik, dari mulai harga belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Sentra pakaian batik tersedia di lantai satu dan lantai dua pasar Beringharjo. Pasar ini terletak di kawasan wisata dan bisnis Malioboro.

2. Kampung Batik Ngasem
Daerah Ngasem merupakan salah satu sentra batik yang cukup terkenal di Jogja. Kawasan ini terletak tak jauh dari Kraton Jogja.

Kampung Batik Ngasem menjual aneka kain batik, mulai dari batik tulis, batik cap, dan batik printing dengan harga bervariasi.

Kawasan ini berada di Jalan Polowijan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Jogja

3. Batik Pajangan
Salah satu sentra batik yang sering diburu wisatawan saat berlibur ke Jogja adalah sentra batik di Pajangan, Bantul. Di kawasan ini terdapat beragam toko yang menjual batik dengan kualitas terbaik mulai dari batik cap, kombinasi hingga batik tulis.

Meski kualitasnya terbaik, namun harganya jauh lebih miring dibanding harga batik yang dipajang di mal atau pasar modern.

Sentra batik ini berada di Jalan Pajangan-Bantul, Wijirejo, Pandak, Bantul atau berada di sebelah selatan Kota Jogja.

4. Kampung Batik Giriloyo
Tidak hanya di Pajangan, di Kabupaten Bantul, DIY masih terdapat sentra pembuatan baik dengan kualitas terbaik. Yakni Kampung Batik Giriloyo yang berada di Kecamatan Imogiri.

Sentra batik ini kerap didatangi para pejabat saat berlibur ke Jogja, karena kualitas batiknya yang tak diragukan lagi.

Menariknya lagi tak hanya bisa membeli batik, di tempat ini wisatawan juga bisa belajar cara membatik. Lokasinya berada di Jalan Imogiri Timur Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

5. Batik Desa Sembungan

Sembungan adalah nama sebuah dusun yang berada di wilayah Desa Gulurejo, Lendah, Kabupaten Kulonprogo.

Keberadaan Dusun Sembungan sebagai sentra batik di Kulonprogo tidak terlepas dari sejarah panjang perkembangan batik di Jogja. Sejumlah sentra batik di Jogja bahkan banyak yang mempekerjakan perajin batik dari wilayah ini.

Motif batik di tempat ini sangat beragam. Selain belanja, wisatawan juga melihat langsung proses pembuatan batik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement