Advertisement

6 Wisata Terdekat di Jogja untuk Liburan

Bhekti Suryani
Kamis, 23 Desember 2021 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
6 Wisata Terdekat di Jogja untuk Liburan Suasana di Jalan Malioboro, Kota Jogja, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Berwisata di Jogja kerap menjadi pilihan terutama bagi wisatawan lokal maupun nasional saat libur akhir tahun. Wisatawan kerap memilih wisata terdekat di sekitar kota agar tak repot bepergian ke tempat jauh.

Seperti halnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Jogja masih kerap diburu wisatawan.

Sebagian wisatawan tak mau repot berwisata ke lokasi yang berjarak jauh hingga puluhan kilometer. Jangan khawatir, di Jogja terutama di pusat kotanya, terdapat banyak objek wisata yang bisa dijajal saat libur akhir tahun ini. Seperti yang dirangkum Harianjogja.com, berikut sejumlah objek wisata terdekat di Jogja yang bisa jadi pilihan wisatawan.

1. Malioboro

Malioboro sudah sangat melegenda di dunia pariwisata Jogja. Selain lokasinya berada di pusat kota, kawasan ini menyuguhkan beragam pilihan belanja dan wisata kuliner.

Baik belanja batik, kuliner di pinggir jalan, oleh-oleh khas Jogja maupun belanja barang-barang khas lokal yang tersedia di Pasar Beringharjo. Bagi yang ingin belanja fesyen, mal juga ada di tempat ini.

2. Kraton Jogja

Bergerak tak sampai satu kilometer ke selatan dari Malioboro, wisatawan bisa berwisata ke kawasan Kraton Jogja. Di tempat ini pelancong bisa belajar tentang sejarah Kraton Jogja, mengenal raja-rajanya sekaligus belajar budaya Jawa.

3. Gembira Loka Zoo
Kalau objek wisata satu ini tak asing lagi bagi wisatawan terutama keluarga. Setiap akhir pekan kerap ramai dikunjungi pelancong. Kebun Bintatang yang terletak di dalam Kota Jogja ini tak hanya menyuguhkan beragam satwa melainkan juga wisata naik kapal di danau dan beragam wahana menarik lainnya.

4. Taman Sari
Objek wisata Taman Sari terletak tak jauh dari Kraton Jogja. Taman Sari merupakan bangunan bersejarah yang dahulu merupakan sebuah taman atau kebun istana Kraton Jogja.

Advertisement

Kompleks ini dibangun secara bertahap pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I. Tamansari memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan 57 bangunan di dalamnya. Bangunan-bangunan tersebut berbentuk gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan, masjid, dan lorong bawah tanah.

5. Alun-Alun Selatan
Berwisata ke Jogja tak afdol bila belum menjajal Alun-Alun Selatan. Kawasan ini merupakan halaman belakang Kraton Jogja. Alun-Alun Selatan paling ramai saat malam hari, karena banyak lapak kuliner dan atraksi sepeda hias yang berkeliling Alun-Alun.

Selain itu, dua pohon beringin raksasa menjadi ikon Alun-Alun Selatan. Konon pohon beringin ini punya nuansa magis saat wisatawan mencoba berjalan melalui dua pohon itu menggunakan penutup mata. Sayangnya saat libur Nataru kali ini, pemerintah sengaja menutup kawasan alun-alun untuk menghindari kerumunan manusia di suatu titik tertentu.

Advertisement

6. Taman Pintar
Kalau objek wisata satu ini sangat ramai dikunjungi keluarga dan anak-anak. Selain murah meriah, Taman Pintar yang berlokasi di dekat Malioboro ini menyediakan banyak permainan edukasi yang menarik bagi anak-anak. Selain bersenang-senang dan bermain, anak-anak juga bisa sambil menyerap pengetahuan.

Itu tadi sejumlah objek wisata terdekat di Jogja yang dirangkum harianjogja.com, untuk menjadi referensi wisatawan berlibur ke Jogja.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Duh, dari Ribuan Perusahaan di Bantul, Baru 16 Tempat yang Mempekerjakan Difabel

Bantul
| Kamis, 18 Agustus 2022, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Sering Kesemutan Kaki dan Tangan? Waspadai Penyakit Ini

Lifestyle
| Rabu, 17 Agustus 2022, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement