Advertisement

Mini Zoo Kini Hadir di Kaliurang

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 04 Januari 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Mini Zoo Kini Hadir di Kaliurang Anak-anak bermain wahan flying fox di Suraloka Zoo, Selasa (4/1/2021). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Destinasi wisata baru hadir di Kaliurang, Pakem, Sleman. Objek wisata bernama Suraloka Zoo ini mengusung konsep kebun binatang mini yang dilengkapi dengan wahana edukasi anak.

Suraloka Zoo berlokasi di Kaliurang Barat tepatnya di Jalan Boyong nomor 97 atau berdampingan dengan Hotel Griya Persada. Pengunjung wajib membayar biaya Rp30.000 per orang.

Advertisement

Sejak dibuka pada 25 Desember 2021, destinasi wisata ini sudah dikunjungi puluhan ribu wisatawan dari berbagai tempat. “Hari pertama buka [25 Desember 2021] ada 4.000 pengunjung dan Minggu kemarin [2 Januari 2022] sampai 6.000, padahal perkiraan kami hanya 1.000-2.000 pengunjung,” kata Admin Marketing Suraloka Zoo Erly Faradisa kepada Harian Jogja, Selasa (4/1/2021).

Suraloka Zoo berada satu manajemen dengan Hotel Griya Persada. Lokasinya berada di tanah seluas 650 meter persegi. Kendati tidak terlalu luas, banyak wahana yang disajikan. Mulai dari mini zoo, arena bermain anak, area terapi ikan, zona Augmented Reality (AR), zona wahana adrenalin seperti flying fox, cafe and resto hingga green house.

BACA JUGA: 4 Tips Ini Bisa Bikin Awet Muda dan Bahagia 

Erly mengatakan semua binatang di Suraloka Zoo adalah binatang jinak, seperti kambing, rusa, ayam hias, bebek, iguana, burung. ikan, kelinci, hingga kuda poni. “Target kami adalah wisata keluarga yang mengedukasi sehingga anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan binatang yang ada,” tutur dia.

Di zona green house, pengunjung dimanjakan dengan berbagai koleksi bunga. Mulai dari anggrek, aglonema, aneka kaktus, dan masih banyak lagi. Destinasi wisata ini buka setiap pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.

Yuvi Rivqia selaku Sales Suraloka Zoo menambahkan keberadaan Suraloka Zoo menjadi alternatif bagi masyarakat Sleman khususnya wilayah Pakem dan Cangkringan untuk berwisata di kebun binatang. “Jika selama ini mau ke kebun binatang harus ke Kota Jogja, di Kaliurang ada,” tutur dia.

Keberadaan Suraloka Zoo menurutnya menjadi pilihan baru berwisata bagi warga Jogja. Suraloka juga mampu membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat lokal. Setidaknya dari sekitar 100 karyawan, sebanyak 70% adalah warga lokal Sleman.

Dinas Pariwisata Sleman menyambut baik dibukanya mini zoo di kawasan Sleman Utara karena hal ini bisa menjadi wajah baru dan daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Kaliurang. “Bagus untuk mendukung perkembangan pariwisata di Sleman. Dengan adanya Suraloka Zoo ini kunjungan ke Kaliurang pada libur Nataru kemarin meningkat,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Suparmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik di Gunungkidul Rabu 17 April 2024, Mulai Pukul 10.00 WIB

Gunungkidul
| Rabu, 17 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya

Lifestyle
| Selasa, 16 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement