Advertisement

Sederet Mini Zoo di Jogja, Ada Satu yang Baru Buka...

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 05 Januari 2022 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Mini Zoo di Jogja, Ada Satu yang Baru Buka... Kera di Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Beberapa hari yang lalu, tepatnya 25 Desember 2021, ada destinasi wisata baru yang dibuka di daerah Kaliurang, Sleman. Suraloka Zoo namanya. 

Lokasinya berada di Kaliurang Barat tepatnya di Jalan Boyong nomor 97. Keberadaan wisata baru ini menambah daftar kebun binatang mini atau mini zoo di Jogja.

Di Jogja, satu-satunya kebun binatang terbesar adalah Gembiraloka Zoo. Berbagai jenis binatang ada di tempat ini. Lokasinya berada di tengah Kota Jogja. Namun dewasa ini destinasi wisata dengan konsep kebun binatang berukuran mini terus bermunculan. Mau tahu mana saja? Simak ulasan berikut ini. 

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Suraloka Zoo

Admin Marketing Suraloka Zoo Erly Faradisa menjelaskan Suraloka Zoo berada satu manajemen dengan Hotel Griya Persada, hotel yang berada tepat di sebelah utara mini zoo ini. Suraloka Zoo sendiri berada di tanah seluas 650 meter persegi. Kendati tidak terlalu luas, banyak wahana yang disajikan. Mulai dari mini zoo, arena bermain anak, area terapi ikan, zona Augmented Reality (AR), zona wahana adrenalin seperti flying fox, cafe and resto hingga green house.

"Binatang yang ada di Suraloka adalah binatang jinak," kata Erly.

Di antaranya kambing, rusa, ayam hias, bebek, iguana, aneka burung. ikan, kelinci, hingga kuda poni. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut dengan didampingi petugas. Pihak pengelola juga menyediakan wahana naik kuda poni keliling area Suraloka Zoo. 

Di zona green house, pengunjung dimanjakan dengan berbagai koleksi bunga. Mulai dari anggrek, aglonema, aneka kaktus, dan masih banyak lagi. Destinasi wisata ini buka setiap pukul 09.00 WIB-16.00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp30.000 per orang. 

Advertisement

2. Bhumi Merapi

Masih di seputaran Pakem, Sleman, ada satu lagi mini zoo yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, yaitu Bhumi Merapi. Dengan harga tiket Rp30.000, pengunjung dapat melihat semua koleksi satwa di tempat ini. Bahkan bisa berinteraksi langsung seperti dengan memberikan pakan atau sekadar memegangnya.  

Advertisement

Satwa yang ada di Bhumi Merapi di antaranya kelinci, ular, kuda, aneka burung, dan masih banyak lagi. Di zona ular, pengunjung juga bisa memegang ular berukuran besar yang sudah jinak. 

Tidak hanya mini zoo, Bhumi Merapi juga menyediakan area swafoto dengan latar bangunan warna-warni yang instagramable layaknya di Santorini Eropa. 

Advertisement

3. Jogja Exotarium

Destinasi ini beralamat di Jl. Kabupaten No.99 Duwet, Duwet, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman. Banyak zona wisata yang ditawarkan, salah satunya zona satwa. 

Di zona ini, pengunjung bisa menyaksikan koleksi satwa yang ramah dan lucu. Seperti domba, kelinci, rusa, kuda, burung, dan juga kucing. Pengunjung juga bisa memberi pakan untuk satwa-satwa itu.

Advertisement

Ada pula wahana yang memacu adrenalin yaitu off road bersama jeeb dengan menyusuri sungai. Jogja Exotarium buka mulai pukul 9.00 WIB-16.00 WIB dengan harga tiket Rp20.000 per orang. 

4. Telaga Putri Kaliurang

Advertisement

Bagi Anda yang ingin berinteraksi dengan hewan kera, Anda bisa datang ke objek wisata Telaga Putri Kaliurang. Saat siang hari, biasanya kawanan kera-kera akan turun dari hutan untuk mencari makan. 

Pengunjung bisa memberi pakan kacang yang biasanya dijual para pedagang di area wisata tersebut. Kera-kera itu tidak membahayakan pengunjung asalkan tidak diganggu. Namun Anda perlu hati-hati dengan barang bawaan Anda karena jika lengah untuk menjaganya, ada kera yang nekat mengambilnya. 

Sesuai namanya, di area ini terdapat sebuah telaga yang di dalamnya terdapat ikan-ikan air tawar. Pengunjung juga bisa menaiki bebek kayuh di telaga tersebut. 

Nah itulah beberapa destinasi wisata berkonsep kebun binatang mini di Jogja. Anda tertarik untuk mengunjunginya? 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ini Lokasi-Lokasi Rawan Genangan Air di Jogja Selama Musim Hujan

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Lifestyle
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement