Advertisement

5 Tempat Asyik di Bibis Bantul: Pemandangan Indah, Kulineran Murah

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 14 Januari 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tempat Asyik di Bibis Bantul: Pemandangan Indah, Kulineran Murah Pemandangan dari Angkringan Puncak Bibis, Bantul - Ist/Instagra, @AngkringanPuncakBibis_Official

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jogja menjadi surga tersembunyi bagi pecinta wisata. Selain destnasi wisata yang sudah populer seperti Kraton atau Candi Prambanan, banyak tempat wisata lain yang masih bisa dieksplorasi, salah satunya di daerah Bibis, Bantul.

Bibis merupakan sebuah dusun di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Tempat ini menawarkan keindahan alam dari sebuah bukit yang tinggi, yang bisa menyaksikan megahnya Kota Jogja dan Gunung Merapi Merbabu dari ketinggian.

Banyak tempat wisata yang bisa dituju di daerah ini. Mau tahu? Simak paparannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber!

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Monumen Bibis

Sebuah bangunan limasan dan joglo yang masih terlihat megah sering disebut warga sekitar sebagai Monumen Bibis. Objek wisata yang didirikan Nyai Trunomenggolo ini memiliki peran penting dalam perang kemerdekaan, yakni menjadi markas pertahanan pasukan Letkol Soeharto.

Letkol Soeharto yang juga Presiden RI ke-2 menggunakan tempat ini untuk mengatur strategi berperang. Lokasinya yang berada di dekat perbukitan menjadikan tempat ini strategis untuk menyusun rencana perang.

2. Puncak Bibis

Tempat ini jadi tujuan para bikers. Rute perbukitan menuju puncak menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Namun rasa lelah bakal terbayar setelah sampai di Puncak Bibis. Keindahan alam Jogja membentang luas di depan mata.

Seperti namanya, Puncak Bibis berada di ketinggian. Pepohonan yang rimbun dan udara yang segar dapat dinikmati pengunjung baik pagi, siang maupun malam hari. Saat gelap, hamparan lampu kota akan berkerlap-kerlip menyasa pengunjung di objek wisata ini.

3. Warung Angkringan

Pengunjung yang lapar di Puncak Bibis tidak perlu bingung. Tempat ini menyediakan aneka makanan rumahan yang bisa dinikmati setiap saat.

Ada dua angkringan yang cukup terkenal di Puncak Bibis yakni Angkringan Puncak Bibis dan Angkringan Bu Yati. Pengunjung dapat memesan aneka minuman seperti teh, jahe, wedang tape, dan juga camilan hangat lainnya yang bisa dinikmati sembari duduk santai di atas tebing.

Advertisement

Harga makanan yang ditawarkan masih terjangkau. Anda bisa mendapatkan menu nasi sayur dengan cukup membayar Rp7.000.

4. Bee Dyoti Hidden Cafe

Satu lagi tempat nongkrong di kawasan Bibis. Bee Dyoti Hidden Cafe namanya. Lokasinya berada di Puncak Bibis. Tempat wisata kuliner ini termasuk pendatang baru. Belakangan, legalitasnya sempat dipersoalkan tetapi pihak Pemerintah Kabupaten Bantul sudah menegaskan bahwa destinasi wisata kuliner ini resmi berizin.

"Sejauh ini izin [Bee Dyoti Hidden Café] sudah baik, yang disampaikan Komisi A DPRD Bantul bukan soal perizinan tetapi keamanan bangunannya. Kalau izin usaha sudah selesai karena sekarang izin usaha bisa dilakukan melalui One Single Submission [OSS ] atau perizinan daring terpadu ke Pemerintah Pusat,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menanggapi polemik perizinan Bee Dyoti Hidden Cafe, Rabu (12/1/2022).

Advertisement

Bee Dyoti terletak di Dusun Bibis RT 005. Selain menyajikan pemandangan indah untuk wisata, menu makanan di tempat ini juga lebih modern seperti aneka rice bowl mulai Chicken Katsu Sambal Matah, Beef Black Papper, hingga minuman seperti Vanilla Latte. Harga menunya mulai Rp4.000-Rp30.000.

5. Kopi Randu

Bagi pecinta kopi, spot kuliner Kopi Randu di Bibis juga menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa menyeruput secangkir kopi dengan ditemani semilir angin malam di tempat ini. Arealnya yang luas juga dimanfaatkan untuk olahraga seperti senam. Penampilan musik akustik siap menghibur pengunjung yang datang. 

Itulah sederet objek wisata di daerah Bibis Bantul. Anda tertarik untuk mengunjunginya akhir pekan ini? Yuk! Gasken!

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kreatif! Siswa SD Gedongkiwo Bikin Kostum Karnaval HUT Jogja dari Limbah

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Lifestyle
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement