Advertisement

Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat

Newswire
Minggu, 23 Januari 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bahaya! Jangan Pesan Pasta saat Naik Pesawat Maskapai penerbangan di bandara YIA-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Simpel dan tidak ribet untuk mengonsumsi kerap menjadi alasan pelaku perjalanan memesan pasta saat naik pesawat dalam penerbangan jarak jauh. Namun hal itu ternyata membahayakan.

Namun, sebaiknya mengonsumsi pasta perlu dihindari saat naik pesawat. Hal ini mengingat pasta merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Advertisement

Melansir Travel and Leisure, sebuah studi yang dilakukan oleh Fraunhofer Institute for Building Physics di Jerman menjelaskan, kombinasi udara yang kering dan tekanan rendah pada pesawat akan mengurangi sensitivitas indera perasa manusia untuk rasa manis dan asin hingga 30 persen.

Untuk itu, direktur kuliner di LSG Sky Chefs Asia Pasifik, Fritz Gross memaparkan, maskapai lebih mengutamakan keamanan pangan daripada rasa.

Mengapa kita sebaiknya menghindari makan pasta saat naik pesawat? Sebab, di luar keamanan pangan, proses memasak di ketinggian sangatlah terbatas. Pasta dan hidangan lain yang disajikan di pesawat biasanya akan dipanaskan kembali sebelum disajikan. Hal itu membuat pasta kemungkinan akan jadi terlalu makan ketika sudah kita terima. Selain itu, rasio saus dan pastanya juga mungkin tidak sesuai sehingga rasanya bakal jauh dari enak.

Baca juga: Ini Dia Komponen yang Wajib Dicek Setelah Perjalanan Jauh

Dampak Buruk Mengintai

Direktur eksekutif Pusat Kebijakan Makanan Hunter College New York City, Charles Platkin sempat meninjau makanan yang tersedia di 11 maskapai penerbangan di Amerika Serikat. Ia menemukan jika pasta atau sumber karbohidrat lain mungkin bukan pilihan terbaik untuk dimakan saat naik pesawat, terutama bagi orang-orang yang mengutamakan makan sehat atau ingin tetap waspada setibanya di tempat nanti.

"Makanan banyak karbohidrat berat, seperti pasta dengan saus kental, roti, muffin, atau kue, akan membuat kita merasa lesu, mudah terganggu, serta tidak kenyang atau puas."

Advertisement

"Tingkat gula darah kita akan melonjak, kemudian turun. Ini berdampak negatif terhadap suasana hati," ujarnya. Lantas, apa yang sebaiknya kita makan saat naik pesawat? Sebaiknya kamu membawa makanan sendiri, misalnya protein batang, camilan buah, kacang-kacangan, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang Okezone dengan judul "Jangan Pesan Pasta Ketika Naik Pesawat, 2 Dampak Buruk Mengintai"

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pulang dari Sarkem, 4 Pemuda Dihajar Massa Lantaran Buat Onar

Jogja
| Minggu, 22 Mei 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

4 Kesalahan Aquarius dalam Menjalin Hubungan

Lifestyle
| Sabtu, 21 Mei 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement