Advertisement

Mau Camping di Jogja yang Biayanya di Bawah Rp20.000? Ini Dia Tempatnya

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 28 Januari 2022 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mau Camping di Jogja yang Biayanya di Bawah Rp20.000? Ini Dia Tempatnya Ilustrasi perkemahan - Ist/Tata Matra Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Camping atau kemah bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Kita bisa merasa lebih dekat dengan alam sekaligus mengakrabkan diri bersama teman atau keluarga

Saat ini, camping dengan konsep glamour juga sudah mulai banyak ditawarkan. Namun sebagian orang masih menyukai camping yang sederhana dan murah meriah. Mendirikan tenda sendiri, tendanya pun yang cukup hanya 2-3 orang, membawa peralatan masak sendiri, alat penerangan sendiri, harganya pun juga ramah di kantong. 

Advertisement

Bagi yang suka konsep camping sederhana seperti ini, Jogja punya banyak pilihan tempat. Di mana saja? Simak ulasan berikut ini:

1. Bukit Klangon

Bukit Klangon merupakan objek wisata tertinggi di Jogja. Lokasinya berada di sebelah utara Dusun Kali Tengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Tepatnya, sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

Selain menyajikan pemandangan indah pegunungan dan Kota Jogja dari kejauhan, tempat ini juga menyediakan camping ground. Tempat ini akan ramai saat akhir pekan. 

Meski belakangan ini Gunung Merapi kerap mengeluarkan lahar, tempat kemah ini tetap didatangi pengunjung yang ingin mendirikan tenda dan bermalam di situ. 

Baca juga: Incaran saat Liburan, Ini 5 Tempat Wisata Berhawa Dingin di Jogja

Biaya camping di Klangon cukup terjangkau. Per orang hanya membayar Rp15.000. Bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan kemah, pihak pengelola menyewakannya untuk Anda. Jangan khawatir!

2. Waduk Sermo

Pemandangan indah akan menyapa Anda yang memutuskan mendirikan tenda di pinggir Waduk Sermo, Kokap, Kulonprogo ini. Sebab, Golden Sunrise akan menyapa pagi Anda sekitar jam 6.00 WIB. 

Advertisement

Selain itu, Anda akan menyaksikan hamparan air waduk yang tenang yang dikelilingi pepohonan rindang nan asri. Anda juga bisa melihat para nelayan yang menaiki perahunya untuk memancing di tengah danau. 

Saat musim kemarau, air danau akan surut dan gundukan tanah yang ada di tengah waduk mulai terlihat. Anda pun bisa mendirikan tenda di spot itu, menikmati pemandangan dari tengah danau yang menawan. 

Dengan biaya tak lebih dari Rp20.000 per orang, Anda sudah bisa mendirikan tenda dan menghabiskan malam bersama sahabat di tempat ini. Seru ya..

3. Bukit Kosakora

Jika Bukit Klangon di pegunungan, Bukit Kosakora adalah camping ground yang ada di daerah pantai. Lokasinya berada di atas Pantai Ngrumput, Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunungkidul

Semilir angin pantai akan menyapa Anda yang mendirikan tenda di sini. Anda bisa bersantai di dalam tenda sembari menikmati kuatnya angin dan suara deburan ombak. 

Meski untuk menuju tempat ini diperlukan tenaga untuk menaiki bukit, jangan khawatir karena rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang akan Anda jumpai di Kosakora ini. 

Berminat camping? Siapkan saja uang sekitar Rp10.000. Anda akan mendapat bonus sunset dan sunrise di tempat ini. 

4. Embung Nglanggeran

Masih di Gunungkidul, ada satu spot menarik lagi untuk berkemah yakni di kawasan Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Di sini, pengunjung bisa membawa tenda sendiri ataupun menyewa dari pihak pengelola. 

Lokasi camping ground berhadapan langsung dengan embung sehingga saat malam hari Anda bisa menikmati indahnya pemandangan di tempat ini. 

Embung Nglanggeran berada di dekat objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Sehingga saat matahari terbit, Anda bisa menyaksikan pancaran sinar yang mulai nampak dari balik bebatuan tinggi gunung api tersebut. 

Biaya untuk camping di tempat ini sekitar Rp10.000 per orang. 

Itulah beberapa lokasi camping di Jogja yang menyajikan pemandangan indah tapi tetap murah. Tak perlu merogoh kocek yang dalam, Anda sudah bisa menikmati sensasi bermalam di dalam tenda bersama keluarga. Selamat mencoba

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fun Game Museum Warnai Grand Final LCC Kebudayaan Kota Jogja

Jogja
| Minggu, 22 Mei 2022, 15:17 WIB

Advertisement

alt

4 Kesalahan Aquarius dalam Menjalin Hubungan

Lifestyle
| Sabtu, 21 Mei 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement