Advertisement

7 Kota di Indonesia yang Paling Aman, Ada Jogja Juga loh

Newswire
Jum'at, 28 Januari 2022 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Kota di Indonesia yang Paling Aman, Ada Jogja Juga loh Sejumlah pengunjung berjalan di kawasan Malioboro pada saat uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor, Rabu (11/11/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Tindak kejahatan masih ditemui di Indonesia sehingga membuat negeri ini kerap disebut sebagai wilayah dengan keamanan yang semakin mengkhawatirkan. Namun, apakah semua kota di Indonesia berarti tidak aman untuk liburan?

Berdasarkan survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP), ternyata Indonesia masih memiliki beberapa kota yang dirasa aman sekaligus nyaman untuk menjadi tempat liburan bahkan tempat tinggal.

Advertisement

Penasaran? Yuk, simak 7 kota paling aman di Indonesia berikut.

1. Denpasar

Menurut hasil survei IAP, Denpasar berhasil menyabet julukan sebagai salah satu kota dengan aspek keamanan yang cukup tinggi di Indonesia, khususnya wilayah Bali. Lantaran tingkat keamanan yang sangat baik khususnya bagi keluarga, maka tak heran jika Denpasar banyak dilirik sebagai tempat tinggal yang dirasa aman dan nyaman.

2. Palembang

Kota aman berikutnya adalah Palembang, Sumatera Selatan. Selain aspek keamanan, kota yang kerap disebut sebagai "Bumi Sriwijaya" ini juga mendapat gelar sebagai Penataan Kota dan Fasilitas Jalan Kaki terbaik kedua di Indonesia. Tingginya tingkat kepedulian terhadap masyarakat, maka membuat bepergian tetap aman meski harus berjalan kaki.

3. Banjarmasin

Banjarmasin mendapat gelar salah satu kota yang paling aman di Indonesia berikutnya. Kota Seribu Sungai ini juga memiliki fasilitas publik yang memadai, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat tinggal.

4. Balikpapan

Balikpapan juga termasuk dalam daftar kota aman dan cocok menjadi pilihan tempat tinggal. Tak hanya itu, Balikpapan juga berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbersih di Indonesia. Pertimbangan baik memilih kota Balikpapan sebagai tempat tinggal, salah satunya juga karena kota ini sebagai salah satu kota metropolitan dengan perkembangan ekonomi yang tinggi di Kalimantan.

5. Semarang

Kota paling aman dan layak huni selanjutnya merupakan Semarang. Beragam fasilitas umum juga tersedia di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Maka tak heran, jika kota ini tak hanya dipadati warga lokal namun juga para pelancong (turis).

6. Yogyakarta

Yogyakarta yang kerap disebut sebagai "Kota Pelajar" ternyata juga mencerminkan diri sebagai kota aman bagi masyarakat. Selain itu, kawasan Yogyakarta juga menawarkan berbagai jenis hal, mulai dari wisata kuliner, budaya, sejarah, pesona alam, dan keunikan lainnya.

Advertisement

7. Solo

Solo dalam survei IAP juga termasuk kota paling aman di Indonesia. Selain itu, kota ini disebut juga memiliki biaya hidup terjangkau. Maka tak heran, jika banyak orang berbondong-bondong merantau bahkan memilih hidup di "Kota Batik" ini.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "7 Kota Paling Aman di Indonesia, Cocok Sebagai Destinasi Liburan".

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kebut-kebutan dan Bawa Sajam untuk Tawuran, Sejumlah Pelajar di Bantul Dijerat UU Darurat

Bantul
| Minggu, 22 Mei 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

4 Kesalahan Aquarius dalam Menjalin Hubungan

Lifestyle
| Sabtu, 21 Mei 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement