Advertisement

5 Desa Wisata di Lereng Merapi, Adem, Mainannya Edukatif

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 03 Februari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Desa Wisata di Lereng Merapi, Adem, Mainannya Edukatif Menparekraf, Sandiaga Uno, saat mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, Sabtu (5/6/2021).-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Jogja memiliki banyak desa wisata yang sudah popoler di telinga wisatawan. Beberapa di antaranya terletak di sekitar lereng Gunung Merapi. 

Tempatnya yang berada di ketinggian, membuat destinasi desa wisata di tempat ini menghadirkan suasana yang sejuk. Cocok bagi wisatawan yang ingin refreshing untuk melepas penat setelah sepekan beraktivitas. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 desa wisata yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi:

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Pentingsari

Lokasinya berada di Kapanewon Cangkringan, tepatnya di Desa Umbulharjo. Desa wista yang diresmikan 2008 ini memiliki banyak objek seperti rumah joglo, batu dakon, pancuran suci sendangsari, dan spot outbond lainnya. 

Banyaknya pepohonan di lingkungan Desa Wisata Pentingsari membuat suasana wisata semakin menyenangkan. Hawa sejuk dengan pemandangan yang asri akan jadi magnet tersendiri bagi pengunjung. 

2. Pulesari

Kerap digunakan sebagai lokasi outbond, desa wisata di Wonokerto, Turi, Sleman ini menyajikan beragam wahana edukatif yang menarik perhatian buah hati. Seperti susur sungai, berjalan di titian kayu, menerobos jaring laba-laba, dan masih banyak lagi. 

Udara sejuk Merapi sangat terasa di tempat ini. Tak heran jika kawasan ini cocok ditanami salak, buah yang menjadi ciri khasnya Sleman. Banyak warga membudidayakan buah ini sehingga Pulesari dijuluki sebagai salah satu agrowisata salak terbaik Sleman. 

Baca juga: Ini 5 Desa Wisata Terbaik untuk Dikunjungi di Indonesia, Salah Satunya Ada di Jogja

3. Desa Wisata Trumpon

Desa wisata ini terletak di Dusun Trumpon, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Yang menonjol dari desa wisata ini adalah agrowisata salaknya. 

Advertisement

Pengunjung bisa menikmati wisata di perkebunan salak pondoh yang terhampar luas di tempat ini. Selain itu, pengelola juga menyediakan area outbond dan homestay bagi pengunjung yang ingin live in

4. Gabugan

Tradisi Jawa di desa wisata ini terasa kental karena masyarakatnya masih melestarikan tradisi budaya Jawa. Agrowisata salak jenis gading menjadi potensi unggulan di desa wisata yang terletak di Dusun Gabugan, Donokerto, Turi, Sleman. 

Berbeda dengan salak pondoh yang kulitnya berwarna coklat dan daging buahnya putih, salak gading justru berkulit kekuningan, begitu juga dengan daging buahnya. 

Advertisement

5. Garongan

Masih di Kapanewon Turi, ada lagi desa wisata yang patut dikunjungi sebagai sarana edukasi dan rekreasi, yaitu Desa Wisata Garongan atau yang lebih dikenal Jaka Garong. Lokasinya berada di Dusun Garongan Kembang, Wonokerto, Turi. 

Uniknya, desa wisata ini menyajikan kegiatan outbond atau outing class dengan beragam bahasa asing. Ada Inggris, Mandarin, Korea, Arab, dan Jepang. Pemandu yang merupakan warga setempat adalah mereka yang pernah bekerja di luar negeri. Mereka akan memandu dengan bahasa yang diminta para tamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement