Advertisement

10 Jembatan Misterius yang Dikenal Angker di Dunia, Beberapa Ada di Indonesia

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 26 Februari 2022 - 11:37 WIB
Budi Cahyana
10 Jembatan Misterius yang Dikenal Angker di Dunia, Beberapa Ada di Indonesia Adam's Bridge di India. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADi beberapa tempat di dunia, tak terkecuali di Indonesia, terdapat jembatan yang misterius dan diyakini angker oleh penduduk setempat.

BACA JUGA: Misterius! Jembatan Besar Membelah Jogja, Tak Pernah Dilewati Kendaraan Selama 25 Tahun

Jembatan-jembatan ini masih menyimpan teka-teki yang tak terpecahkan, sehingga banyak bermunculan teori-teori mengenai jembatan tersebut.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Berikut adalah 10 jembatan misterius di dunia yang diolah dari berbagai sumber:

Devil’s Bridge, Jerman

Rakotzbrücke atau yang lebih dikenal dengan Devil’s Bridge berada di Taman Kromlauer yang indah. Jembatan yang membentuk setengah lingkaran ini dinilai sangat memukau sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa jembatan tersebut dibangun oleh setan. Selain soal nama, ada juga beberapa kejadian supranatural yang telah dilaporkan dari tempat ini.

Adam’s Bridge, India

Adam’s Bridge atau dikenal juga Rama’s Bridge dengan luas 30 km ini menghubungkan Manand Island (Sri Lanka) dengan Pamban Island (India). Jembatan ini penuh misteri, pasalnya umur jembatan ini diperkirakan lebih dari 1 juta tahun dan memiliki mitos terkenal di India, Ramayana. Srilankan Archeology Department mengeluarkan pernyataan tentang usia Adam’s Bridge yang mungkin berkisar antara 1 sampai 2 juta tahun. Yang menjadi pertanyaan, apakah jembatan ini benar-benar terbentuk dari proses alam atau ciptaan manusia?

Jembatan Cincin Jatinangor, Indonesia

Advertisement

Jembatan Cincin Jatinangor berada di Indonesia, tepatnya di Kampung Neglasari, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Jembatan tua ini dibangun oleh Perusahaan Kereta Api Belanda bernama Staat Spoorwagen Verenigde Spoorwegbedrijf pada tahun 1918. Penduduk setempat yakin ada banyak makhluk gaib yang menampakkan diri di jembatan ini karena bunuh diri. Meski demikian, Jembatan Cincin sampai saat ini masih bermanfaat bagi masyarakat sekitar, seperti menjadi jalan penghubung antara Desa Cikuda dan Desa Siladalah bagi masyarakat, dan menjadi akses mudah menuju Universitas Padjajaran bagi mahasiswa yang tinggal di daerah Cikuda.

Jembatan Ancol, Indonesia

Jembatan Ancol yang dulunya merupakan jembatan goyang ini berada di Jakarta Utara, jembatan ini dikenal dengan cerita mistis seorang perempuan ‘Si Manis Jembatan Ancol’ yang dipercayai adalah arwah dari Maryam atau Siti Ariah. Menurut cerita yang berkembang di daerah tersebut, Maryam adalah gadis kembang desa yang diperkosa kemudian dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai di bawah jembatan ini. Sejak saat itu, warga sekitar jembatan meyakini banyak terjadi penampakan seorang wanita cantik di malam hari yang dipercaya sebagai Si Manis Jembatan Ancol. Saking banyaknya cerita mistis di jembatan ini, akhirnya kisah ini diangkat menjadi sinetron dengan judul Si Manis Jembatan Ancol yang dirilis pada tahun 1993.

Advertisement

Overtoun Bridge, Skotlandia

Overtoun Bridge dikenal dengan Dog Suicide Bridge karena pada tahun 1950-1960 terdapat 50 anjing yang tiba-tiba lompat dari jembatan ini dan kemudian mati. Anjing-anjing ini melompat dari tempat yang sama di jembatan ini. Kejadian tragis lainnya ada seorang pria bersama bayinya melompat dan meninggal. Hingga kini, misteri dari kejadian aneh dan tragis tersebut belum diketahui.

Goatman’s Bridge, Texas, Amerika Serikat

Ketika hendak melewati jembatan ini, orang yang tinggal di dekat jembatan akan mengingatkan siapa pun untuk selalu menyalakan lampu. Jika tidak, mereka dipercaya akan bertemu makhluk misterius bernama Goatman. Aturan melewati jembatan ini simpel, nyalakan lampu atau hantu akan menyambutmu.

Brooklyn Bridge, New York, Amerika Serikat

Advertisement

Brooklyn Bridge merupakan jembatan tertua di Amerika, letaknya berada di New York. Jembatan besar dan mewah ini menyimpan banyak hal misterius, sejak pertama kali dibangun ada sekitar 27 pekerja yang terbunuh dalam masa pembangunannya. Jembatan yang menjadi penghubung ke New York City ini juga menjadi tempat favorit untuk bunuh diri.

Colville Covered Bridge, Kentucky, Amerika Serikat

Jembatan bernama Colville Covered Bridge ini memiliki beberapa kejadian misterius. Pada tahun 1930, tiga orang yang melewati jembatan ini dikabarkan tidak pernah kembali, ada juga kisah sepasang kekasih dan seorang wanita tua yang meninggal di jembatan ini. Sehingga pada masa kini, orang yang melewati jembatan kerap melihat cahaya dari bawah jembatan dan suara-suara aneh seperti wanita tua batuk atau suara tangisan yang misterius.

Advertisement

BACA JUGA: Foto-Foto Jembatan Misterius di Jogja yang Tak Dilewati Kendaraan Selama 25 Tahun

Danville Bridge, Indiana, Amerika Serikat

Danville Bridge dianggap sebagai jembatan misterius karena pada saat pembangunannya, seorang bernama Dan Jones sebagai konstruktor mengalami kecelakaan hingga terjatuh ke dalam campuran semen. Di masa sekarang, ketika melewati jembatan, banyak orang percaya bahwa mereka mendengar suara orang minta tolong dan ketukan suara palu di jembatan.

Egypt Road Bridge, Ohio, Amerika Serikat

Jembatan ini dikenal juga dengan The Cry Baby Bridge (jembatan tangisan bayi). Hal tersebut disebabkan karena beberapa tahun sebelumnya ada bayi yang jatuh ke sungai dan tenggelam. Pada tahun 2010, terdapat wanita yang dibakar dengan sadis di jembatan ini. Sejak saat itu, orang yang melewati jembatan ini mengaku mendengar suara tangisan bayi dan wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement