Advertisement

Tak Bakal Tertabrak Motor, Begini Tips Aman Foto-Foto di Tugu Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 14 Maret 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Bakal Tertabrak Motor, Begini Tips Aman Foto-Foto di Tugu Jogja Relawan MRI-ACT DIY melakukan aksi jalan dari masjid kampus UGM menuju ke Tugu Pal Putih Jogja. - Harian Jogja/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tugu Jogja yang berada di tengah perempatan jalan membuat wisatawan harus berhati-hati saat berwisata di sini. Wisatawan harus memerhatikan situasi lalu lintas agar tidak tertabrak kendaraan yang melintas.

Belum lama ini sebuah video seputar wisatawan yang berfoto di Tugu Jogja viral di media sosial. Video itu menunjukkan seorang perempuan sedang berfoto di selatan tugu saat lalu lintas padat.

Advertisement

Posisinya mengganggu kendaraan yang berlalu-lalang di situ sehingga para pengendara kompak membunyikan klakson agar si perempuan itu menepi.

Lantas bagaimana tips aman bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momentum wisatanya di Tugu Jogja, mengingat tempat ini menjadi ikonnya Kota Jogja yang selalu menyedot perhatian pengunjung?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Ambil foto dari tenggara

Di sisi tenggara Tugu Jogja terdapat miniatur Tugu Golong Gilig atau yang disebut juga dengan Tugu Jogja. Wisatawan bisa mengambil foto dari titik ini dengan latar belakangan Tugu. Tempat ini juga menyediakan spot foto yang instagramable yang tidak kalah menarik dengan Tugu Jogja. Di sini ada tamannya, miniatur Golong Gilig dan juga dinding batu bertuliskan sejarah perjalanan tugu sebagai simbol penting Kesultanan Jogja.

2. Foto dari cafe

Tak jauh dari Tugu Jogja, ada cafe-cafe yang berdiri dengan menawarkan view Tugu Jogja. Pengunjung bisa mendatangi cafe ini, berselfie dengan latar Tugu sembari menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Cafe-cafe di sini memiliki bangunan vertikal sehingga wisatawan bisa memilih lantai teratas untuk mendapatkan view yang jelas dan menawan.

3. Foto dari pedestrian

Di beberapa pedestrian di sekitar Tugu Jogja juga bisa dijadikan spot foto. Wisatawan yang berswafoto di sini akan lebih aman karena bukan berada di jalur kendaraan.

Dilansir dari Antara--jaringan Harianjogja.com, Pemerintah Kota Jogja sudah memasang pagar yang mengelilingi Tugu agar tidak ada wisatawan mendatangi lokasi itu.

"Tugu berada tepat di tengah persimpangan jalan dengan kondisi lalu lintas yang padat. Tentunya, berfoto di tengah jalan akan sangat berbahaya. Bisa terjebak lalu lintas saat lampu menyala hijau," kata Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi.

Wisatawan dapat berfoto di tengah jalan hanya ketika kebijakan bebas kendaraan diterapkan, seperti di Jalan Malioboro pada jam tertentu.

"Bisa berfoto di jalan yang sedang bebas kendaraan, tapi di Tugu dan Titik Nol Kilometer tidak ada kebijakan itu, sehingga otomatis berfoto di tengah jalan sangat berbahaya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement