Advertisement

Viral Wisatawan Ditipu Tukang Becak, Ini Kata Dispar DIY

Sunartono
Minggu, 20 Maret 2022 - 20:07 WIB
Jumali
Viral Wisatawan Ditipu Tukang Becak, Ini Kata Dispar DIY Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Pariwisata DIY merespons video viral wisatawan yang ditipu oleh seorang tukang becak saat ke Malioboro. Tindakan sopir becak itu dinilai mencederai pariwisata Jogja.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyatakan telah melihat postingan keluhan wisatawan terkait tindakan pengayuh becak. Menurutnya hal itu sangat mencederai pariwisata Jogja. Postingan wisatawan tersebut tidak boleh dianggap remeh, karena ungkapan itu adalah kesan pertama dari seorang wisatawan.

“Ini sangat mencederai wisatawan dengan perlakuan pengayuh becak seperti itu, ini merusak citra pariwisata yang selama ini sudah kita bangun dengan baik bersama seluruh stakeholder,” katanya saat dimintai konfirmasi lewat ponselnya Minggu (20/3/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Singgih menegaskan semua pihak perlu ikut menjaga citra pariwisata Jogja, mulai dari masyarakat, PKL, pengayuh becak, pemandu wisata hingga agen biro wisata semua harus menjadi tuan rumah yang baik. Harus memberikan layanan dengan baik dan jujur. Ia yakin wisatawan yang dilayani dengan baik akan memberikan perhatian, baik dalam bentuk tip maupun bentuk apresiasi lainnya.

Ia menilai adanya tindakan pengayuh becak sedemikian tersebut hakekatnya bukan perilaku atau budaya Jogja. “Ini menurut kami keprihatinan juga, artinya Jogja yang harusnya menjadi tuan rumah yang baik. Karena selama ini Jogja jadi daerah tujuan wisata, harusnya menjaga betul bersama-sama seluruh lapisan masyarakat, bahwa semua wisatawan yang datang harus dilayani dengan baik,” katanya.

Terkait hal itu Dinas Pariwisata DIY sudah melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait tindakan pengayuh becak tersebut. “Ini kami sudah koordinasi dengan Pemkot dengan Dinas Perhubungan berkaitan dengan transportasi, tidak menutup kemungkinan seperti Gakkum dalam hal ini Satpol PP,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Sederet Ucapan Selamat Ulang Tahun Kota Jogja ke-266

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Berikut Tanda-tanda Bahaya Infeksi Paru yang Dialami Chris Martin

Lifestyle
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement