Advertisement

5 Rekomendasi Tempat Buka Puasa Unik di Borobudur

Nina Atmasari
Rabu, 06 April 2022 - 08:07 WIB
Nina Atmasari
5 Rekomendasi Tempat Buka Puasa Unik di Borobudur Suasana berbuka puasa di Semesta Area Borobudur. - Istimewa/Dokumen Semesta

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Bulan Ramadan tiba. Pada bulan ini, berbuka puasa menjadi momen spesial setelah sepanjang hari menahan lapar dan haus. Banyak orang mencari tempat-tempat unik untuk berbuka puasa.

Momentum berbuka puasa juga dinantikan dengan cara ngabuburit. Menjelang petang, banyak tempat umum serta destinasi wisata yang ramai oleh orang-orang yang menikmati suasana sambil menunggu azan magrib. Hal ini juga terjadi di kawasan Borobudur.

Advertisement

Sebagai tempat yang menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) fasilitas wisata di kawasan ini berkembang pesat. Banyak destinasi baru bermunculan, termasuk wisata kuliner. Guna menarik perhatian pengunjung, banyak destinasi wisata kuliner yang menyediakan promo buka puasa dengan keunikan masing-masing.

Berikut lima rekomendasi tempat berbuka puasa unik di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Semesta Area Tawarkan Buka Puasa di Atas Dek Kayu

(Foto: Suasana berbuka puasa di Semesta Area Borobudur. /Istimewa-Dokumen Semesta Area)

Semesta area Borobudur menawarkan spot makan baru yang instagramable, berupa dek (papan lantai) kayu di depan bangunan limasan kuno. Dek tersebut dikelilingi dengan kebun pepaya yang rindang.

Menjelang petang, di papan kayu tersebut akan digelar tikar untuk meja dan bantalan duduk, sehingga pengunjung bisa duduk dengan nyaman menikmati makan berbuka puasa.

Ada beragam menu tradisional yang bisa dinikmati pengunjung, seperti sego jangan, kudapan ala pedesaan, gorengan dan takjil. Ada pula coffee corner bagi pencinta minuman kopi. Harga makanan bervariasi mulai Rp7.000.

Semesta Area berada di Dusun Sangen Desa Candirejo, Borobudur, Magelang. Lokasi ini berjarak 5 menit dari Candi Borobudur, tepatnya di jalur alternatif Borobudur menuju Bandara YIA Kulonprogo.

Buka Puasa di Tengah Kebun Kaktus di Nalendro Kafe

(Foto: Setting berbuka puasa di Nalendro Garden. /Istimewa-Dokumen Nalendro Garden)

Seperti apa rasanya berbuka puasa di tengah kebun kaktus yang bernuansa gurun dan gersang? Membayangkannya, tentu akan bikin penasaran. Nah, bagi Anda yang ingin merasakannya, bisa datang ke Nalendro Kafe yang ada di Dusun Bumisegoro, Desa Borobudur. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari candi, yakni ke arah Punthuk Setumbu.

Di Nalendro Kafe wisatawan bisa menikmati hidangan di Nalendro Garden yang lokasinya bersebelahan. Nalendro Garden adalah destinasi wisata yang menawarkan konsep kebun anggrek nan asri dan kebun kaktus yang gersang. Ada pintu lingkaran yang besar di tengah taman tersebut yang akan memberikan sensasi suasana yang jauh berbeda saat pengunjung melewatinya.

Baik di tengah kebun anggrek maupun di tengah kebun kaktus, disediakan set meja kursi untuk pengunjung menikmati hidangan. Pengunjung bisa memesan makanan di Nalendro Kafe untuk dinikmati di tengah kebun tersebut dengan konsep alam terbuka. Ada pula kubik atau kotak kaca yang bisa menjadi tempat bersantai bersama keluarga maupun sahabat.

Menu di Nalendro Kafe beragam mulai makanan tradisional hingga makanan internasional. Harganya pun terjangkau mulai Rp7.000.

Ngabuburit Naik Mobil Kuno Lalu Berbuka di Joglo Bu Condro

(Foto: Setting berbuka puasa dengan latar belakang mobil kuno di Joglo Bu Condro Borobudur. /Istimewa-Dokumen Joglo Bu Condro)

Banyak kegiatan bisa dilakukan saat ngabuburit, salah satunya dengan keliling pedesaan kawasan Borobudur sambil naik mobil kuno. Ada mobil yang didesain dengan atap terbuka sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar jalur yang dilalui. Mereka akan dibawa melintasi rute pedesaan dengan keramahan warga, serta jalur lembah pegunungan Menoreh di tengah persawahan.

Selesai tour, wisatawan akan diajak berkumpul di Joglo Bu Tjondro yang terletak di Dusun Kedungombo, Desa Candirejo Borobudur. Di tempat ini, disediakan karpet piknik dan setting tempat makan di halaman dengan mobil kuno di belakangnya. Wisatawan bisa menikmati hidangan berbuka sambil berfoto dengan latar belakang mobil kuno.

Paket Ramadan bernama Combi Package ini bisa dinikmati dengan harga Rp450.000 untuk empat orang. Paket ini termasuk naik mobil kuno keliling desa wisata, menu berbuka puasa serta setting lokasi. Untuk menu makanannya ada beragam pilihan seperti menu tradisional dan menu modern.

Berbuka Puasa sambil Belajar di Taman Kelinci

(Foto: Wisatawan bermain dengan kelinci di Desa Bahasa Borobudur. /Istimewa-Dokumen Wisata Kelinci Borobudur)

Bagi keluarga yang ingin berbuka puasa sambil memberikan edukasi untuk anak-anak, Wisata Kelinci di Desa Bahasa menjadi pilihan tepat. Lokasi ini merupakan destinasi wisata edukasi yang mengajarkan Bahasa Inggris serta beberapa pengalaman menarik untuk anak seperti wisata kelinci.

Di taman kelinci ini pengunjung dapat berinteraksi secara langsung, mulai memberi makan kacang panjang, bermain dan berfoto bersama kelinci yang dibiarkan bebas berkeliaran di area taman kelinci.

Untuk meuju lokasi tersebut, dari arah Candi Borobudur cukup menempuh waktu delapan menit. Rutenya yakni menuju Jalan Badrawati sejauh satu kilometer, belok kiri ke Jalan Parakan Aro Mukti sekitar 1,8 kilometer. Belok kanan ke Jalan Haji Ilham sekitar 200 meter.

Pada bulan Ramadan ini, Desa Bahasa menawarkan paket berbuka mulai Rp27.000 per orang, dengan fasilitas ngabuburit dilanjut buka puasa di Wisata Kelinci, gratis terapi ikan dan 32 spots selfie, mulai pukul 16.00 WIB.

Buka Puasa di bawah Kerlip Lampu Taman di Pondok Tingal

(Foto: Suasana berbuka puasa di bawah kerlip lampu taman di Pondok Tingal Borobudur. /Istimewa-Dokumen Pondok Tingal)

Salah satu tema berbuka puasa yang menjadi pilihan di dekat Borobudur adalah makan di bawah kerlip lampu taman. Tentu saja, tempat makan ini berada di tempat terbuka yakni tengah taman yang asri sehingga bisa memberikan sensasi romantis.

Pengalaman ini bisa dinikmati di Pondok Tingal, Borobudur. Lokasinya berjarak 500 meter sebelum pintu masuk kawasan wisata Candi Borobudur.

Di Pondok Tingal, pengunjung bisa menikmati berbuka puasa dengan menu tradisional seperti gorengan, jajan pasar, kletikan, sop dan lainnya dengan harga Rp59.900 per orang, mendapat takjil gratis.

Nah, itulah lima rekomendasi buka puasa di sekitar Borobudur. Tak perlu bingung lagi, segera agendakan berbuka puasa bersama keluarga atau sahabat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement