Advertisement

Objek Wisata di Lereng Merapi Kembali Dibuka, Bukit Klangon Mulai Ramai

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 16 April 2022 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Objek Wisata di Lereng Merapi Kembali Dibuka, Bukit Klangon Mulai Ramai Wisatawan mulai ramai mendatangi Bukit Klangon di Glagaharjo, Cangkringan, Minggu (13/9/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman kembali membuka sejumlah tempat wisata di sekitar lereng Gunung Merapi. Pembukaan kembali sejumlah destinasi ini dilakukan sejak Kamis (14/3/2022) lalu, seiring dengan penurunan aktivitas Gunung Merapi.

Kepala Dispar Sleman Suparmono mengatakan dibukanya kembali sejumlah destinasi wisata di sekitar lereng Merapi yang sebelumnya ditutup akibat aktivitas Merapi sudah dikoordinasikan dengan BPBD Sleman. Dispar juga melibatkan seluruh kalurahan sebelum memutuskan untuk membuka kembali destinasi wisata yang sempat ditutup sejak Kamis (10/3/2022) lalu.

Advertisement

Ia menyebut tempat wisata yang kembali dibuka untuk wisatawan meliputi, wisata Bunker Kaliadem, Bukit Klangon, Petilasan Mbah Maridjan, Wisata Religi Turgo dan Jeep Wisata Lava Tour. Dispar, katanya, masih menutup kegiatan tracking Merapi paket jeep sunrise Merapi.

"Destinasi-destinasi ini dibuka kembali dengan syarat, pengelola mendapatkan pendamping dari petugas SAR selama jam operasional," katanya, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga: Ujung Material Merapi Berhenti di Km 5, Ini Foto-Fotonya..

Syarat lainnya, kata pria yang akrab dipanggil Pram ini, pengelola harus memiliki prosedur tetap penanganan kondisi darurat erupsi Gunung Merapi. Untuk itu, pengelola diminta untuk berkonsultasi dengan BPBD Sleman. "Apabila ada peningkatan aktivitas Gunung Merapi, pengelola secara mandiri kami minta untuk menutup sementara destinasi tersebut," katanya.

Pram meminta agar pengelola destinasi aktif memantau aktivitas Gunung Merapi melalui pos pengamatan, radio komunikasi dan website BPPTKG. Hal ini dilakukan agar mereka tetap mendapatkan informasi terupdate. "Ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Suparmono.

Dia meyakini, dalam waktu dekat sektor pariwisata akan kembali bangkit apalagi pemerintah menetapkan 10 hari libur jelang Hari Raya Idulfitri mendatang. Pram berharap agar pengelola destinasi wisata segera berbenah untuk menjadi tuan rumah yang bertanggung jawab kepada wisatawan yang datang.

Pengelola Destinasi Wisata Bukit Klangon Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Gunawan mengatakan sejak kembali dibuka untuk publik jumlah wisatawan yang mendatangi destinasi tersebut sudah cukup banyak. "Wisata Bukit Klangon hanya bisa dikunjungi pada pagi sampai sore hari saja. Sudah banyak yang datang," kata Gunawan.

Lantaran hanya beroperasi mulai pagi hingga sore, lanjutnya, maka wisata camping di bukit tersebut sementara masih ditutup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement