Advertisement

Belanja Kebutuhan Lebaran di Beringharjo? Waspadalah dan Lakukan Ini!

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 23 April 2022 - 19:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Belanja Kebutuhan Lebaran di Beringharjo? Waspadalah dan Lakukan Ini! Hiruk pikuk pengunjung di Pasar Beringharjo pada Jumat (30/10/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Masyarakat mulai menyiapkan kebutuhan Lebaran dengan belanja. Salah satu tempat favorit masyarakat Jogja untuk berbelanja adalah Pasar Beringharjo. 

Pasar ini bisa dikatakan one stop service karena dengan ke Pasar Beringharjo pengunjung sudah bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan. Mulai dari pasar sisi barat menjual aneka produk pakaian seperti pakaian batik, kain, pakaian anak-anak, pakaian dalam, hingga seragam sekolah. Menuju ke bagian tengah ada aksesoris seperti bros, aksesoris rambut, hingga sepatu dan tas. 

Advertisement

Di pasar paling timur menjajakan bahan makanan seperti aneka daging hingga makanan ringan atau snack yang biasa disajikan saat hari raya. 

Sementara di lantai dua juga tidak jauh berbeda. Ada sayur mayur segar yang bisa diolah untuk santapan saat Lebaran. Naik ke lantai tiga ada produk kerajinan yang bisa mempercantik tampilan rumah. Seperti vas bunga dari rotan, nampan kayu, hingga kere bambu. 

Mendekati Lebaran seperti ini, Pasar Beringharjo akan mulai ramai pengunjung dari berbagai tempat. Ada yang sengaja membeli untuk keperluan mereka sendiri tetapi ada pula yang kulakan barang untuk dijual lagi. 

Melihat potensi membludaknya Pasar Beringharjo, pengunjung harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini selama berada di dalam pasar:

1. Tetap pakai masker

Meski kasus Covid-19 di Jogja melandai, bukan berarti masyarakat kemudian abai terhadap penggunaan masker. Masker akan melindungi pengunjung selama di dalam pasar. Menjauhkan dari segala jenis virus, tidak hanya virus Corona. Jika terlalu lama di dalam pasar, Anda juga perlu mengganti masker yang baru yang belum terkontaminasi banyak orang. 

2. Bawa Hand Sanitiser

Meski di Beringharjo disediakan tempat cuci tangan atau wastafel, ada baiknya pengunjung tetap mengantongi hand sanitiser di tas atau saku celana. Sebab pengunjung akan bertemu banyak orang dan ada kemungkinan saling bersentuhan saat kondisi pasar penuh sesak. 

3. Simpan dompet dengan benar

Saat menjelang Lebaran seperti ini, aksi pencopetan di tempat umum bisa saja terjadi. Untuk itu Anda perlu membawa tas yang rapat menyimpan dompet Anda. Gendong tas Anda di sisi depan atau dada Anda. 

Advertisement

4. Siapkan rencana belanja

Anda sebaiknya mempersiapkan list belanja dari rumah. List atau daftar belanjaan ini akan menjadi panduan Anda selama di Beringharjo. Jangan sampai ketika sudah berada di dalam pasar, Anda masih kebingungan ingin berbelanja apa. Jika ada panduan, Anda tinggal menuju ke lokasi pedagang sehingga bisa menghemat waktu berbelanja dan meminimalisir berkumpul dengan banyak orang dalam waktu yang lama

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HANI, Pemuda Maguwoharjo Bagi Stiker Bahaya Narkoba

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement