Advertisement

Selain Agrowisata Krisan, Daerah di Kulonprogo Ini Punya Segudang Potensi Wisata

Hafit Yudi Suprobo
Sabtu, 23 April 2022 - 17:07 WIB
Jumali
Selain Agrowisata Krisan, Daerah di Kulonprogo Ini Punya Segudang Potensi Wisata Sejumlah orang yang tergabung dalam Pokdarwis Gerbosari saat mengikuti pelatihan di balai kalurahan Gerbosari, Kulonprogo, Jumat (22/4/2022). - Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SAMIGALUH — Potensi Kalurahan Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, layak dikembangkan untuk mendukung keberadaan Borobudur Highland. Untuk itu, penguatan sumber daya manusia (SDM) pariwisata menjadi salah satu aspek yang bisa dilakukan.

Staf Pembangunan Pemerintah Kalurahan Gerbosari Aviana Martaliya Sari mengatakan sejumlah potensi yang dimiliki oleh desa wisata Gerbosari yakni agrowisata Krisan. Agrowisata yang sudah eksis beberapa tahun silam menjadi gerbang wisata di bukit Menoreh.

Advertisement

"Kami juga punya objek wisata puncak Suroloyo dan sejumlah potensi UMKM yang mampu dikembangkan lebih maksimal. Seperti, pembuatan topeng dan biola dari kayu. Pembuatan gebleg renteng, keripik pegagan, pare, dan terong. Ada juga jamu tradisional berbahan empon-empon," kata Aviana saat dikonfirmasi pada Jumat (22/4/2022).

Dikatakan Aviana, upaya pelatihan kepada sejumlah kader Pokdarwis menjadi langkah yang dinilai perlu untuk dilakukan. Pelatihan kepada SDM pariwisata di Gerbosari bertujuan agar setiap unsur di dalamnya mampu berkontribusi signifikan terhadap pengembangan desa wisata.

"Upaya pelatihan difasilitasi oleh Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB). Materi pelatihan kepada sejumlah anggota Pokdarwis seputar pembuatan SOP (standar operasional prosedur) pelayanan kepada wisatawan selama masa pandemi Covid-19," ujar Aviana.

SOP yang disepakati oleh Pokdarwis setempat maupun lembaga sertifikasi Jana Dharma Indonesia sendiri seputar pengembangan produk UMKM dari Gerbosari, pelayanan, dan pengelolaan wisatawan selama masa pandemi Covid-19.

"Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan jika ada kunjungan wisatawan selama masa libur lebaran nanti jawatannya mampu melayani secara maksimal seiring dengan kehadiran desa wisata Gerbosari yang diharapkan mampu menjadi destinasi wisata di wilayah DIY," ungkap Aviana.

Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Otorita Borobudur (BOB), Agus Rochiyardi mengatakan peningkatan kompetensi SDM pariwisata di sejumlah kalurahan yang menjadi penopang Borobudur Highland menjadi perhatian dari jawatannya.

"Output yang kami harapkan adalah implementasi dari pelatihan yang telah diberikan ya. Wisatawan merasa nyaman dengan SOP baru yang diterapkan oleh Pokdarwis setempat. Sehingga, wisatawan merasa nyaman, aman , dan ingin kembali lagi ke Gerbosari," ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bukan Emas Asli, Pin untuk Dewan Sleman Seharga Rp175 Ribu Per Keping

Sleman
| Rabu, 24 Juli 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

5 Cara Menata Laci Baju supaya Hemat Tempat dan Rapi

Lifestyle
| Selasa, 23 Juli 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement