Advertisement

Pengunjung Teras Malioboro Capai 25.000 Orang, Diprediksi Terus Naik

Sirojul Khafid
Kamis, 05 Mei 2022 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pengunjung Teras Malioboro Capai 25.000 Orang, Diprediksi Terus Naik Para wisatawan sedang beraktivitas di Teras Malioboro 2, Danurejan, Jogja, Rabu (4/5/2022)./Harian Jogja - Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pengunjung Teras Malioboro 2 mencapai 25.000 orang pada Rabu (4/5/2022). Jumlah yang sama juga diprediksi terjadi pada hari ini, Kamis (5/5/2022). Peningkatan ini terjadi dalam momen libur Idulfitri 2022.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya (UPT PKCB) Jogja, Ekwanto, mengatakan jumlah pengunjung masih berpotensi bertambah di Teras Malioboro 2. “Puncak kunjungan di Teras Malioboro 2 diprediksi tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022. Jumlah pengunjung bisa mencapai lebih dari 30.000 orang,” kata Ekwanto, Kamis (5/5/2022).

Jumlah kunjungan ini, lanjut Ekwanto, mematahkan asumsi apabila Pedagang Kaki Lima (PKL) direlokasi dari lorong toko ke Teras Malioboro akan sepi kunjungan. “Terpatahkan kalau relokasi bikin orang yang enggak datang ke Malioboro,” katanya. “Protokol kesehatan tetap jalan, ada penyediaan hand sanitizer, cek suhu, desinfektasi, dan lainnya.”

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ramainya pengunjung berdampak pada meningkatnya penjualan barang dagangan PKL. Salah satu pedagang pakaian, Dewa, mengatakan, peningkatan penjualan lumayan tinggi. Dalam sehari, Dewa bisa menjual lima kodi pakaian dalam sehari. Satu kodi berisi 20 buah baju. Dibandingkan hari normal, jumlah penjualan tidak menentu.

Baca juga: Libur Lebaran, SAR Gunungkidul 24 Jam Berjaga di Pantai

“Tapi kalau jujur, enak dulu [waktu di lorong toko jualannya] ramainya ramai dulu. Di sini panas banget. Pengunjung juga ngeluh. Kalau di sana udara masuk tertata seger,” katanya.

Dilarang Parkir di Depan Teras Malioboro 2

Beberapa sepeda motor sempat parkir di depan Teras Malioboro 2, atau di jalur cepat Jalan Malioboro. Ekwanto mengatakan kejadian itu bermula sekitar subuh, Kamis (5/5/2022).

“Mungkin dia capek atau gimana, cari parkir penuh semua, [akhirnya] parkir berderet di depan Teras Malioboro 2. Ini jadi masalah, tahunya orang-orang, saya mengizinkan hal itu padahal tidak, itu daerah terlarang, enggak boleh parkir,” kata Ekwanto.

Advertisement

Petugas terjun di lapangan dan melakukan tindakan. Selain mencari pengendara motor, adapula proses hukum karena ada pelanggaran lalu lintas. “Kebanyakan plat luar Kota Jogja semua, apakah mereka tidak tahu atau gimana. Sampai siang masih satu atau tiga motor yang masih parkir di depan Teras Malioboro 2,” katanya. “Nanti malam kami patrol agar tidak terulang lagi.”

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement