Advertisement

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Newswire
Sabtu, 02 Juli 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Makanan Indonesia Favorit Dunia Soto Tangkar yang ditawarkan Ayola Tasneem/ Ist - Ayola Tasneem

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Setidaknya ada 7 makanan Indonesia yang enak. Bahkan, ada beberapa makanan tersebut yang paling digemari di dunia.

Lantas, apa saja makanan Indonesia yang paling digemari di dunia? Untuk lebih jelasnya, berikut ini pemaparannya dilansir dari Okezone--jaringan Harianjogja.com:

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Rendang

Nampaknya kelezatan rendang tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, menurut survei yang dilakukan CNN Travel pada 2011, rendang menduduki peringkat pertama dalam World's 50 Delicious Food atau 50 Makanan Enak di Dunia. Makanan khas Padang ini banyak disukai sebab rasanya yang gurih dan kaya rempah.

Rendang umumnya terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam waktu yang lama. Proses masak yang lama ini membuat tekstur daging menjadi empuk dan bumbunya meresap sempurna. Cara memasak yang lama ini tidak hanya membuat cita rasanya menjadi enak, namun juga membuat makanan ini tahan lama.

2. Sate

Sate termasuk makanan khas Indonesia yang berasal dari daging yang dipotong dadu kecil dan ditusuk. Setelah dibakar dan dibumbui, sate umumnya dihidangkan dengan kecap atau bumbu kacang.

Sate juga termasuk makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia. Sebab tidak hidangan sate juga seringkali disajikan di restoran-restoran kelas mewah.

Sate ayam menjadi salah satu menu sate yang banyak digemari oleh orang-orang di seluruh dunia bahkan termasuk mantan Presiden Amerika Serikat yaitu Barack Obama.

3. Nasi Padang

Makanan khas Padang yang diisi lauk gurih berempah, kuah berbumbu kental, hingga sambal yang khas membuat ini juga makanan paling digemari di dunia. Pasalnya, banyak sekali restoran Indonesia yang tersebar di banyak negara menyajikan Nasi Padang dan diakui membuat restoran menjadi ramai pelanggan.

Advertisement

4. Bakso

Bakso juga termasuk makanan Indonesia yang terkenal di dunia. makanan ini terbuat dari daging sapi yang sudah dihaluskan yang dicampur dengan tepung dan beragam bumbu. Makanan ini sebenarnya terdapat pengaruh kalangan Cina di Indonesia pada masa lalu.

Di beberapa negara, terdapat restoran Indonesia yang secara khusus menyajikan hidangan ini. Uniknya tak hanya laris dijual di restoran, bola-bola daging yang kenyal ini bahkan juga dibuat oleh orang Indonesia di Austria dan berhasil dipasarkan hingga ke beberapa negara lainnya di Eropa.

5. Soto

Soto juga termasuk makanan Indonesia yang paling digemari di dunia. Umumnya, soto terbuat dari dua jenis daging yaitu daging sapi dan ayam.

Advertisement

Biasanya, soto ayam disajikan bersama kuah kuning dengan rasa yang gurih. Sementara, soto daging umumnya dihidangkan bersama kuah bening atau kuah santan.

Bakso sebenarnya merupakan olahan daging yang hadir akibat masuknya pengaruh budaya China ke Indonesia. Banyak digemari sejak masa lampau membuat bakso begitu berkembang dan menjadi salah satu identitas dari budaya kuliner Indonesia.

Bedanya, bakso yang disajikan khas China cenderung menggunakan daging babi dan di Indonesia bakso banyak terbuat dari daging sapi sehingga bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Di beberapa negara terutama di Amerika, ada restoran Indonesia yang secara khusus menyajikan hidangan ini. Uniknya restoran-restoran tersebut selalu ramai pengunjung.

Advertisement

6. Tempe

Tempe adalah makanan dari kedelai yang sudah difermentasi. Makanan ini menjadi kegemaran banyak masyarakat Indonesia, sehingga tak heran jika banyak makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe.

Tempe goreng dan tempe mendoan kerap menjadi menu yang paling banyak dipesan sebagai lauk pendamping di restoran Indonesia di luar negeri. Diketahui pula, tempe juga dijual dengan harga yang begitu mahal di berbagai negara seperti Jepang, Inggris, Austria bahkan hingga ke Afrika Selatan.

7. Rawon

Rawon juga masuk dalam daftar makanan Indonesia yang paling digemari di dunia. Rawon adalah makanan khas Surabaya yang menyerupai sup daging dengan kuah berwarna hitam. Kuah rawon yang berwarna hitam sebab dibuat dengan tambahan kluwek.

Advertisement

Di luar negeri restoran Indonesia juga banyak menghidangkan makanan satu ini dan terkenal ramai pengunjung.

Demikian 7 makanan Indonesia yang paling digemari di dunia yang wajib diketahui.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "7 Makanan Indonesia yang Paling Digemari di Dunia, Rendang hingga Tempe". 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : OKezone

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement