Advertisement

Mengenal Motif Batik Jogja yang Punya Makna Mendalam bagi Calon Pengantin

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 14 Juli 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Motif Batik Jogja yang Punya Makna Mendalam bagi Calon Pengantin Sejumlah perajin batik tengah membatik di Sembung Batik milik Bayu Permadi di Dusun Sembungan, Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah, Minggu (27/9/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Batik merupakan salah satu warisan budaya Jogja. Motifnya beragam dan memiliki makna yang mendalam.

Beberapa motif batik yang sangat terkenal di Jogja di antaranya ada motif parang, truntum, hingga kawung. Namun ada motif lain yang kurang populer, terutama di telinga anak-anak milenial, tetapi memiliki makna mendalam bagi sepasang pengantin. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Instagram Paniradya Kaistimewan @paniradyakaistimewan, berikut ini motif batik Jogja yang juga memiliki motif yang indah dan makna yang mendalam:

1. Motif Semen Rante

Berdasarkan sebuah buku berjudul "Batik Dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta", Semen berasal dari kata “semi” yaitu tumbuhnya bagian dari tanaman. Sedangkan Rante berasal dari kata “rantai”. Batik Semen Rante dikenakan calon pengantin putri mengibaratkan bahwa sang gadis atau wanita yang dipanah sudah bersedia dirantai atau dilamar/diikat sebagai istri pasangan hidup atau garwa.

2. Motif Nitik Nagasari

Motif Nagasari menggambarkan pohon Nagasari, dimana dalam cerita Ramayana, tokoh Dewi Sinta dengan setia menunggu kedatangan Rama di bawah pohon Nagasari. Melambangkan kesetiaan yang abadi.

Advertisement

3. Nitik Cakar Ayam

Motif ini menggambarkan cakar ayam (kaki ayam) yang distilisasi dalam pola nitik. Motif ini dikenakan oleh calon pengantin putri. Motif cakar ayam melambangkan harapan agar calon pengantin dapat mengais rejeki, mencari penghidupan secara halal, ibarat ayam yang mencari makan mengais dengan cakarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pasar Sentul Jogja Akan Dibangun Lebih Modern, Sedot Danais Rp25 Miliar

Jogja
| Jum'at, 09 Desember 2022, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kencanduan Judi, Ibu Dua Anak Ini Mempertaruhkan Diri Sendiri

Lifestyle
| Jum'at, 09 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement