Advertisement

5 Wisata Gratis di Sukoharjo

Newswire
Minggu, 24 Juli 2022 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Wisata Gratis di Sukoharjo Goweser berfoto di beton balon pemecah air di saluran irigasi Dam Colo Nguter, Kabupaten Sukoharjo pada Minggu (2/8/2020). - Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO-Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah memiliki destinasi wisata alam yang menarik sekaligus gratis untuk masyarakat umum.

Berikut ini ulasan wisata alam gratis di Sukoharjo berdasarkan penelusuran Solopos.com dari Google Maps review, Sabtu (23/7/2022).

1. Dam Colo

Wisata alam Dam Colo merupakan wisata bendungan di Sukoharjo, Jawa Tengah. Nama lainnya adalah Bendungan Colo. Wisata yang satu ini cocok dikunjungi karena pemandangannya bagus dan biaya masuknya gratis.

Tidak hanya biaya masuknya saja yang gratis, bahkan biaya parkirnya pun juga gratis.

Bendungan Colo ini ada di perbatasan Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, dengan Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

2. Geopark Batu Seribu

Geopark batu seribu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Wisata ini ramai saat hari biasa maupun hari liburan.

Wisata alam ini tidak pernah kering walaupun sedang kemarau karena memiliki sumber air. Destinasi wisata alam ini perlu dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman karena tiket masuknya gratis. Cukup dengan membayar biaya parkir.

3. Gunung Taruwongso

Destinasi wisata alam yang satu ini juga tidak ada pungutan biaya tiket masuk, alias gratis. Dengan itu, dapat menikmati suguhan alam dan bisa mengulik budaya maupun sejarah kawasan ini.

Lokasinya di Tengklik, Tawangsari, Watubonang, Kabupaten Sukoharjo. Pemandangan cukup elok dengan hamparan sawah, pemukiman penduduk, gunung-gunung yang menjadi panorama memanjakan mata.

4. Taman Pakujoyo

Taman wisata ini kerap dikunjungi untuk sekedar bertamasya bersama keluarga. Tempatnya mudah dicari, hanya sekitar 500 meter dari terminal utama kabupaten Sukoharjo.

Advertisement

Tak ada biaya masuk alias gratis untuk bisa mengunjungi Taman Pakujoyo. Tempat rekreasi ini memiliki lokasi yang luas, sejuk, dan asri. Tersedia berbagai burung langka, dan fasilitas untuk anak-anak. Salah satunya miniatur belajar rambu lalu lintas.

5. Telaga Claket

Wisata alam yang satu ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo. Wisata alam Telaga Claket menawarkan panorama indah dengan alam yang asri dan sejuk yang layak dijadikan tempat nongkrong atau hangout.

Tempat ini cocok untuk dijadikan spot foto, terlebih lagi berfoto di jembatan kayu yang menjadi pilihan pengunjung. Lokasinya ada di Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Untuk masuk ke Telaga Claket ini tidak diminta biaya masuk karena gratis.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Usai Disorot karena Kasus Pemaksaan Jilbab, SMAN 1 Banguntapan Dapat Karangan Bunga dari Alumni

Bantul
| Senin, 08 Agustus 2022, 17:07 WIB

Advertisement

alt

8 Hal yang dapat Diwariskan Ayah pada Anaknya, Tinggi Badan Salah Satunya

Lifestyle
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement