Advertisement

Festival 5.000 Apem Akan Digelar di Ngemplak Sleman, Catat Tanggalnya!

Abdul Hamied Razak
Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Festival 5.000 Apem Akan Digelar di Ngemplak Sleman, Catat Tanggalnya! warga berebut mendapatkan apem yang disebar dari atas menara oleh para bregada rohis Pondok Wonolelo. - Harian Jogja/Siti Rofiah (M122)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk pertama kalinya Kapanewon Ngemplak akan menggelar Festival Apem bertajuk "Ning Ngemplak padha Nglumpuk Bebarengan, Ngemplok Apem" (Di Ngemplak, Berkumpul Bersama, Makan Apem). Sebanyak 5.000 apem akan dipemerkan dalam festival tersebut.

Acara tersebut akan dihelat di Pondok Wonolelo, Kalurahan Widodomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman pada Minggu (28/8/2022) pagi. Puluhan UMKM di kapanewon ini akan terlibat langsung untuk meramaikan festival tersebut.

Advertisement

Baca juga: Ini Lo Filosofi Apem yang Sering Muncul di Berbagai Ritual di Jogja

Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) "Lumintu" Ngemplak Mujiyatun mengatakan event yang baru pertama kali digelar tersebut akan menghadirkan 50 pengrajin apem yang menyuguhkan sekitar 5.000 apem untuk para pengunjung. "Perhelatan tersebut guna mengangkat apem sebagai ikonnya kuliner kudapan khas Ngemplak," kata dia, Selasa (23/8/2022).

Kegiatan tersebut juga akan diramaikan dengan perlombaan yang melibatkan peserta dari berbagai unsur masyarakat di Kapanewon Ngemplak. Dia berharap makanan khas ini mampu menjadi menu unggulan di meja-meja saji berbagai event di Tanah Air.

"Apem merupakan makanan tradisional khas Pondok Wonolelo yang memiliki cita rasa tersendiri. Festival Apem ini rencananya dihadiri Bupati Sleman. Bagi pengunjung, tersedia beragam doorprize menarik," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Kronis Pada Lansia

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement