Advertisement

Meriahkan Wisata Malam, Borobudur Night Carnival Siap Digelar Kembali

Nina Atmasari
Kamis, 25 Agustus 2022 - 20:37 WIB
Nina Atmasari
Meriahkan Wisata Malam, Borobudur Night Carnival Siap Digelar Kembali Camat Borobudur, Subiyanto menjelaskan tentang Borobudur Night Carnival (BNC) dalam konferensi pers, Kamis (25/8/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Karnaval budaya bertajuk Borobudur Night Carnival (BNC) akan digelar kembali setelah terhenti selama dua tahun. Kegiatan ini menjadi upaya warga menghidupkan wisata malam di kawasan Borobudur.

Camat Borobudur, Subiyanto mengungkapkan latar belakang digelarnya wisata malam tersebut adalah saat wisatawan melintas di kawasan Borobudur pada waktu malam hanya untuk numpang buang air kecil. “Dulu wisatawan yang lewat malam hari hanya numpang pipis lalu ada yang bertanya di Borobudur kalau malam ada apa?” jelasnya, dalam konferensi pers, Kamis (25/8/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Atas dasar itulah muncul ide pada 2017 untuk menggelar Borobudur Night Carnival dan berhasil digelar dua kali pada 2018 dan 2019. Namun, kegiatan ini terhenti akibat pandemi Covid-19. Kini setelah dua tahun, Borobudur Night Carnival akan digelar kembali. Dasar pemikiran Subiyanto adalah pelaku wisata di kawasan Borobudur yang terpuruk akibat Covid-19, kini sudah mulai menggeliat.

Baca juga: Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

“Kami ingin membangkitkan kembali wisata malam sekitar Borobudur. Dua tahun pandemi telah mengajarkan masyarakat tentang PHBS. Saat ini sudah ada pelonggaran masker, tetapi masih banyak warga yang tetap memakai masker. Ini jadi modal kami untuk melangkah dengan menggelar kembali Borobudur Night Carnival,” katanya.

Ketua Borobudur Night Carnival, Bendrat Agus S menyebutkan tema yang diangkat adalah Gumebyaring Ratri ing Bumi Borobudur. Ada dua jenis kegiatan yakni Gebyar Gudaya dan Gebyar UMKM. Pada Gebyar Budaya akan digelar karnaval kebudayaan yang diikuti desa-desa, instansi dan sekolah di Kecamatan Borobudur.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan ke Jogja Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Akhir Tahun

Bahkan tahun ini ada 11 daerah di Jawa Tengah yang akan turut serta meliputi Kabupaten Magelang, Pemalang, Banjarnegara, Demak, Kebumen, Salatiga, Cilacap, Purworejo, Boyolali, Semarang, serta Kota Semarang. Karnaval ini akan digelar pada Sabtu (27/8/2022) malam mulai pukul 19.30 dengan rute lapangan Kujon-Polpar-Pasar Borobudur.

Advertisement

“Untuk Gebyar UMKM akan digelar Sabtu-Minggu (27-28/8/2022) di halaman Kecamatan Borobudur. Kami akan menampilkan produk-produk UMKM dari kawasan Borobudur,” jelasnya.

Bendrat Agus berharap Borobudur Night Carnival menjadi agenda wisata tahunan sehingga meramaikan pariwisata di kawasan Borobudur. Ia menjelaskan saat ini telah ada Borobudur Car Free Night pada setiap malam Minggu yang juga menjadi wisata malam. “Kami berharap Borobudur Night Carnival dan Borobudur Car Free Night bisa menjadi upaya solid untuk menghidupkan wisata malam di Borobudur,” jelasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement