Advertisement

4 Rekomendasi Wisata Adem di Sleman

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 20 September 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Rekomendasi Wisata Adem di Sleman Kera di Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kabupaten Sleman bagian Utara menawarkan sederet tempat berhawa dingin yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di kaki Merapi membuat objek-objek wisata yang ada memiliki hawa yang dingin nan sejuk, dengan keindahan alamnya yang tiada duanya.

Tempat-tempat ini biasanya jadi incaran masyarakat yang ingin melepas penat dari aktivitas bekerja, kuliah, maupun sekolah.

Dari penelusuran Harianjogja.com, berikut tempat-tempat berhawa dingin di Sleman Utara:

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Kaliurang

Objek Wisata Kaliurang masih menjadi wisata populer di Jogja. Destinasi yang berada di Sleman ini menawarkan udara dingin nan sejuk karena posisinya di lereng Gunung Merapi. Dalam satu kompleks wisata, Kaliurang menyajikan beragam destinasi. Mulai dari Telaga Putri, Goa Jepang, Gardu Pandang, Museum Ulen Sentalu, hingga mini zoo Suraloka Zoo yang menjadi destinasi pendatang baru di lantai atasnya Jogja itu. 

Deretan vila, penginapan, dan bahkan hotel bintang empat melengkapi keseruan berwisata di Kaliurang. Saat hawa dingin, pengunjung bisa bercengkerama di vila sembari menikmati api unggun atau bebakaran. 

2. Klangon

Dari puncak Merapi, Klangon hanya berjarak 4,2 kilometer. Posisinya di dataran tinggi membuat kawasan ini berhawa dingin, apalagi saat sore tiba dan kabut turun. Hamparan Jogja akan terlihat sangat indah dari tempat ini, terlebih saat malam hari. Hamparan lampu akan terlihat jelas dan indah dipandang mata. 

Klangon juga menyediakan camping ground. Pengunjung juga bisa menikmati minuman jahe khas masyarakat lereng Merapi untuk menghangatkan badan. Gardu pandang yang ada di tempat ini juga bisa menjadi tempat bagi Anda yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian. 

3. Kaliadem

Masih di kawasan Merapi, Kaliadem menjadi destinasi yang tidak kalah dingin. Hawa adem menusuk tulang saat pengunjung sampai di tempat ini. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto di depan bunker yang ada di bawah tanah dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi. 

Selain diakses menggunakan kendaraaan pribadi, pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa jeeb untuk menuju tempat ini.

Advertisement

4. Plunyon

Plunyon merupakan kawasan wisata yang berada di Kalikuning, Cangkringan, Sleman. Tempatnya sejuk karena banyak terdapat pohon-pohon yang menjulang tinggi. Belakangan ini Plunyon banyak diperbincangkan publik setelah menjadi lokasi syuting film horor KKN di Desa penari.

Tak kalah menarik dari Bunker Kaliadem, Pluyon juga bisa menjadi spot yang cocok untuk menyaksikan gagahnya Gunung Merapi. Meski lokasinya lebih rendah daripada Kaliadem dan Bukit Klangon, tetapi di Plunyon tetap bisa menikmati pemandangan Merapi secara keseluruhan.

Tertarik untuk berwisata ke Sleman? 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HUT Ke-92, Gereja Santa Theresia Brosot Gerakkan Persaudaraan

Kulonprogo
| Rabu, 05 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Slow Food, Gerakan Kembali ke Pangan Lokal

Lifestyle
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement