Advertisement

Pengin Menikmati Sejuknya Aroma Hutan Asri di DIY? Ini Spot Rekomendasinya

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 10:07 WIB
Arief Junianto
Pengin Menikmati Sejuknya Aroma Hutan Asri di DIY? Ini Spot Rekomendasinya Taman Hutan Raya Bunder. - Instagram aikonasai

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dataran tinggi dengan hutan yang masih asri tersebar di sejumlah daerah di DIY. Spot ini menjadi salah satu alternatif wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya. 

DIY memiliki bentang alam beragam, mulai dari pesisir laut dengan pasirnya yang menghampar hingga dataran tinggi berupa perbukitan dengan hutan yang masih asri.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tak hanya bisa menikmati keindahan alamnya yang masih hijau, berkunjung ke hutan wisata juga bisa diisi dengan sejumlah atraksi.

Keberadaan hutan di Jogja kini semakin populer sebagai tempat wisata. Selain wisata edukasi, foto-foto yang tersebar di media sosial juga mengundang banyak orang untuk turut mengunjungi hutan demi “healing”.

Hutan Pinus Nglinggo

Hutan Pinus Nglinggo./Instagram offroadmenoreh

Desa Wisata Nglinggo merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Di sana terdapat beberapa objek wisata yang bisa didatangi untuk menikmati panorama alam yang indah.

Salah satu yang bisa dijajal ialah offroad dengan kendaraan jip menyusuri hutan pinus yang jalurnya berbatu, sempit, dan ekstrem. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk dengan berkemah maupun menggunakan layanan glamping yang ada di tengah hutan pinus.

Advertisement

Untuk berwisata ke hutan wisata ini, pengunjung cuma diminta membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Murah, bukan?

Sementara untuk kegiatan offroad, pengunjung bisa memilih beragam paket yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp250.000 per paket.

Tahura Bunder

Advertisement

Pengunjung berfoto di Tahura Bunder./Instagram olen_smith

Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder ini berlokasi di Playen, Gunungkidul. Selain difungsikan untuk kawasan konservasi, hutan ini juga diperuntukkan bagi wisata keluarga.

Di sana, terdapat sejumlah wahana yang bisa dijajal pengunjung sembari menikmati ketenangan di tengah hutan. Mulai dari berkemah, jalur sepeda, naik skuter, hingga menikmati pemandangan tepi Sungai Oya.

Sebagai hutan yang didominasi tanaman kayu putih, di sana juga ada proses penyulingan minyak kayu putih. Tahura ini juga menjadi lokasi pabrik minyak kayu putih bernama Sendangmole yang punya kapasitas menyuling sekitar 18 ton daun perhari.

Advertisement

Untuk masuk ke kawasan tahura ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang.

Hutan Pinus Ngandong

Wisatawan berkemah di Hutan Ngandong./Instagram moko_ns

Belakangan, hutan pinus yang berada di lereng Gunung Merapi ini menjadi buruan wisatawan yang pengin piknik dengan suasana alam setelah sejumlah potretnya tersebar di media sosial. Hutan Pinus Ngandong hanya sekitar 5,5 kilometer dari puncak gunung, tepatnya terletak di Turi, Sleman.

Di sana, pengunjung bisa menggelar tikar piknik dan bersantai menikmati sejuknya udara pegunungan. Lokasi ini juga tak jauh dari kebun anggrek yang banyak tumbuh di Lereng Merapi. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement