Advertisement

Berburu Kuliner Legendaris di Sekitar Alun-Alun Jogja

Lajeng Padmaratri
Kamis, 20 Oktober 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Berburu Kuliner Legendaris di Sekitar Alun-Alun Jogja Bestik Lidah, salah satu menu di Resto Bale Raos yang terletak di kawasan Kraton Jogja.-Harian Jogja - Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai kota wisata, Jogja memiliki berbagai destinasi wisata. Di samping wisata alam maupun berbagai bangunan yang mengandung banyak cerita, kota ini juga punya destinasi wisata kuliner yang harus dicoba.

Sebagai pusat wisata, kawasan Kraton Jogja yang diapit dua alun-alun di kawasan utara dan selatan menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke sana sekaligus mencari destinasi wisata kuliner untuk dicicipi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meskipun identik dengan makanan khasnya yaitu gudeg dan bakpia, namun Jogja menyimpan sejumlah destinasi kuliner legendaris yang wajib dikunjungi. Terlebih, di sekitar Kraton Jogja, Alun-Alun Utara, dan Alun-Alun Kidul, terdapat sejumlah tempat makan yang akan memberikan pengalaman rasa yang menarik.

Berikut rekomendasi destinasi wisata kuliner di sekitar Alun-Alun Kota Jogja!

Warung Brongkos Handayani

Brongkos merupakan kuliner khas Jogja yang menjadi salah satu kegemaran Sultan HB IX. Sajian ini menjadi hidangan istimewa di Kraton Jogja, namun secara umum masyarakat Jogja juga bisa menikmatinya di luar Kraton.

Di sebelah selatan Alkid (Alun-Alun Kidul) Kota Jogja, terdapat sebuah warung makan dengan menu utama brongkos. Menu tersebut sudah dihidangkan warung itu sejak 1975.

Sayur brongkos merupakan makanan dengan bahan dasar kacang tolo, daging sapi, tahu serta telur yang disiram dengan kuah santan dengan bumbu rempah yang kuat. Menu ini biasa disajikan dengan seporsi nasi dan irisan cabai.

Advertisement

Dengan harga mulai dari Rp20.000, pengunjung bisa menikmati sepiring brongkos dengan isian tambahan yang dikehendaki. Warung ini buka setiap pagi hingga sore hari.

Bakmi Pak Pele

Bagi penikmat kuliner malam hari di Jogja, salah satu masakan yang tidak boleh dilewatkan ialah bakmi jawa. Dari sekian banyak pedagang bakmi jawa, Bakmi Jawa Pak Pele menjadi salah satu yang legendaris.

Advertisement

Warung bakmi yang terletak di pojok tenggara Alun-Alun Utara Kota Jogja ini sudah berdiri sejak 1983. Dari dulu hingga saat ini, warung bakmi tersebut dikonsep sebagai warung tenda.

Jangan terlalu malam jika ingin menikmati sajian Bakmi Pak Pele, sebab jika kemalaman warung akan ramai pengunjung dan antrean bertambah panjang. Selain di Alun-Alun Utara, Pak Pele juga membuka cabang di Bantulan, Godean, Sleman, serta di Sembungan, Kasihan, Bantul.

Sepiring bakmi jawa di sini bisa diperoleh mulai dari Rp25.000. Meskipun harganya di atas rata-rata seporsi bakmi jawa lainnya, diyakini bahwa sumber kelezatan Bakmi Jawa Pak Pele terdapat pada pemakaian telur bebek dan kaldu ayam kampungnya.

Resto Bale Raos

Advertisement

Jika penasaran dengan sajian hidangan ala Kraton Jogja, tak ada salahnya mengunjungi restoran Bale Raos. Resto yang terletak di Jalan Magangan Kulon No.1, Kraton, Kota Jogja ini menghidangkan makanan-makanan tradisional Jawa kesukaan Sri Sultan HB VII hingga Sri Sultan HB X.

Berada di kawasan Kraton Jogja, restoran ini menyimpan sejumlah resep hasil juru masak Kraton Jogja. Pengunjung bisa menikmati berbagai sajian ala Kraton Jogja mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga sajian penutup.

Mulai dari Sekul Golong, Bebek Suwar-Suwir, Bestik Djawa, Bestik Lidah, Prawan Kenes, hingga Bir Djawa. Menariknya, setiap menu yang tertulis dalam buku menu turut menampilkan informasi mengenai asal-usul hidangan tersebut. Seperti misalnya menu Bebek Suwar-Suwir, yang merupakan hasil olahan koki Kraton Jogja berdarah Belanda.

Siapa tertarik mencicipi sajian kesukaan raja sekaligus belajar sejarah? Jika berminat mencicipi hidangan kerajaan ini, Bale Raos buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement