Advertisement

Tiga Museum di Jogja yang Bisa Disinggahi untuk "Museum Date"

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 22 Oktober 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Tiga Museum di Jogja yang Bisa Disinggahi untuk Museum Ullen Sentalu. / Instagram therationalpoet

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belakangan, mengunjungi museum jadi kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama pasangan. Anak muda jaman sekarang menyebutnya dengan ''museum date".

Betapa tidak, suatu karya seni bisa menjadi pembahasan yang menarik dilakukan bersama pasangan. Apalagi, kini aktivitas mengunjungi museum pun tidak lagi identik dengan kegiatan yang menjemukan. Pasalnya sejumlah museum mulai berbenah dan memberikan layanan yang menarik bagi pengunjung.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Jogja sebagai Kota Budaya memiliki banyak deretan museum yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya bisa didatangi beramai-ramai bersama teman-teman, museum juga sangat cocok untuk dikunjungi berdua saja bersama si dia.

Berikut rekomendasi museum di Jogja yang cocok untuk museum date di akhir pekan!

Museum Affandi

Museum Affandi merupakan museum yang menyimpan berbagai lukisan karya maestro lukis Indonesia, Affandi. Selain 300 karya lukisannya sendiri, dalam museum ini juga tersimpan lukisan dari para pelukis Indonesia lainnya, antara lain Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, dan masih banyak lainnya.

Berlokasi di tepi Sungai Gajahwong, Depok, Sleman, Museum Affandi terdiri dari empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Menariknya, rumah Affandi ini mempunyai atap berbentuk pelepah pisang.

Museum ini dibangun bertahap sejak 1974 hingga 2002. Kini, Museum Affandi dibuka untuk umum dan menerima kunjungan setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Advertisement

Pengunjung lokal akan dikenai HTM sebesar Rp50.000 yang termasuk minuman dan suvenir. Jika ingin menggunakan kamera untuk berfoto-foto, maka perlu menambah biaya mulai Rp20.000 - Rp30.000.

Museum Ullen Sentalu

Di lereng Gunung Merapi, terdapat museum cantik yang bernama Museum Ullen Sentalu. Beralamatkan di Jalan Boyong, Kaliurang, museum ini siap menyambut pengunjung yang ingin museum date sekaligus mengenal budaya Jawa.

Advertisement

Ullen Sentalu adalah museum yang memiliki berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Di sini pengunjung bisa melihat lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip surat, kain-kain batik, dan masih banyak koleksi lainnya.

Di sana, pengunjung juga bisa mengikuti tur yang disediakan. Ada dua tur yang ditawarkan, yaitu Tur Adiluhung Mataram dengan biaya Rp50.000 serta Tur Vorstenlanden dengan biaya Rp100.000 per orang. Setiap sesi tur berlangsung selama 45 menit.

Tak seperti museum yang lain, koleksi museum dan perjalanan tur di museum ini tidak diperkenankan untuk difoto atau direkam. Untuk berkunjung, museum ini buka setiap hari Selasa - Minggu pada pukul 08.30 - 16.00 WIB.

Museum Sonobudoyo

Advertisement

Di jantung Kota Jogja, ada museum yang wajib dikunjungi, yaitu Museum Sonobudoyo. Museum ini terletak di Jalan Trikora yang berada di antara Titik Nol dan Alun-Alun Utara, Kota Jogja.

Berkunjung ke Museum Sonobudoyo bisa membuat kita semakin mengenal budaya Jawa. Di sana, terdapat sekitar 43.000 koleksi yang merupakan peninggalan dari zaman prasejarah, yang sekaligus membuat museum ini jadi salah satu museum terlengkap di Indonesia.

Ada satu lagi kegiatan wajib yang harus dilakukan di museum ini untuk melengkapi agenda museum date. Selain mempelajari berbagai koleksi museum, pengunjung juga bisa nonton bioskop secara gratis di Museum Sonobudoyo.

Pemutaran film di Bioskop Museum Sonobudoyo dilaksanakan setiap hari Senin - Minggu pukul 16.00 - 20.00 WIB. Setiap harinya, ada empat jadwal film yang diputar untuk menampilkan film-film khas Kota Jogja.

Jadi, sekarang sudah siap berkunjung ke museum untuk kencan?

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement