Advertisement

Wisata Murah Meriah, Rekomendasi Embung di Jogja untuk Berakhir Pekan

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 05:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Wisata Murah Meriah, Rekomendasi Embung di Jogja untuk Berakhir Pekan Wahana atraksi stand up peddle di Embung Kaliaji./Antara - Hendra Nurdiyansyah)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja menyimpan banyak potensi wisata, bahkan sebagian di antaranya bisa dinikmati dengan cuma-cuma. Salah satunya tempat wisata dari pemanfaatan sebuah waduk buatan yang fungsi utamanya untuk irigasi, seperti di embung.

Jogja memiliki sejumlah embung buatan yang dikelola dengan apik agar sekaligus bisa difungsikan sebagai tempat rekreasi warganya. Pemandangan air yang tenang berpadu dengan pepohonan rindang di sekitarnya bisa mengundang warga untuk datang untuk menikmati panorama. Beberapa embung di Jogja juga memiliki sejumlah wahana permainan bahkan layanan olahraga.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berikut rekomendasi embung di Jogja yang bisa kamu jadikan pilihan wisata murah-meriah.

Embung Banjaroya, Kalibawang

Embung ini terletak di Kalurahan Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo. Embung Banjaroya sering menjadi destinasi bagi para wisatawan lokal, terutama pegowes.

Obyek wisata Embung Banjaroya menawarkan hijaunya pemandangan Perbukitan Menoreh. Bahkan, ketika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menyaksikan Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri gagah di kejauhan.

Begitu memasuki kawasan Embung Banjaroya, pengunjung akan dihadapkan pada replika buah durian ukuran jumbo. Ikon tersebut menunjukkan bahwa Kalibawang merupakan salah satu sentra buah durian terbaik di Perbukitan Menoreh.

Embung Kaliaji, Turi

Advertisement

Terletak di Jogja bagian utara, tepatnya di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, sebuah waduk buatan bernama Embung Kaliaji dibangun untuk tujuan pengairan ladang salak di sekitarnya. Lantaran menyuguhkan pemandangan yang apik, waduk itu bahkan menjadi alternatif wisata bagi pengunjung.

Tak hanya menyajikan panorama yang menawan, pengunjung tertarik mendatanginya karena lokasi ini tidak memungut biaya masuk. Tempatnya yang masih asri menjadikan lokasi ini sangat nyaman untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran kembali.

Embung ini biasanya dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga seperti lari, bersepeda, atau sekadar bersantai. Di sana juga ada aktivitas olahraga stand up paddle. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Embung Kaliaji.

Advertisement

Embung Potorono

Di Banguntapan, Bantul, terdapat telaga buatan yang bernama Embung Potorono. Wisatawan dari kalangan keluarga sering menyambanginya untuk rekreasi karena ada beberapa permainan anak yang tersedia.

Selain wisata keluarga, Embung Potorono juga banyak dimanfaatkan untuk berolahraga. Jalanan aspal yang mengelilingi embung ini sering digunakan untuk jogging atau bersepeda.

Bila ingin menjajal olahraga yang sedikit menantang, pengunjung bisa mencoba naik kano di telaga ini. Dengan tarif Rp15.000, pengunjung bisa merasakan asyiknya mengayuh kano mengitari embung selama 15 menit.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement