Advertisement

4 Objek Wisata Jogja Gratis, Penyelamat Saat Pengin Piknik di Tanggal Tua

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 29 Oktober 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Objek Wisata Jogja Gratis, Penyelamat Saat Pengin Piknik di Tanggal Tua Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Memasuki akhir pekan seperti ini, hasrat untuk berwisata seakan meronta-ronta. Namun hal itu terkadang terhalang keuangan yang menipis karena 'tanggal tua'. 

Bagi pekerja yang menerima gaji di awal bulan, tanggal-tanggal akhir bulan atau tanggal tua seperti ini menjadi fase kritis. Sisa uang harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik dan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pangan terlebih dulu. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Namun bagi kamu yang tetap ingin berwisata di akhir bulan, jangan khawatir. Jogja menawarkan beragam destinasi wisata dengan budjetnya yang beragam, bahkan ada yang gratis. 

Baca juga: Perempuan Amerika Ini Punya Hobi Aneh, Ia Memasak Resep yang Tertulis di Batu Nisan

Berikut ini objek wisata di Jogja yang low budjet atau bahkan gratis, yang cocok kamu kunjungi saat tanggal tua seperti ini:

1. Titik Nol Jogja

Siapkan uang parkir saja saat datang ke Titik Nol karena berwisata di tempat ini tidak dipungut biaya. Tidak ada karcis masuk alias gratis.

Dengan uang yang relatif murah, kamu sudah bisa menikmati suasana Jogja ngangenin. Kamu bisa duduk di pedestrian sembari berfoto dan juga menyaksikan lalu lalang transportasi tradisional andong yang membawa penumpang.

Di situ Anda juga bisa berfoto di Monumen Serangan Umum 1 Maret yang berada tepat di sisi timur laut Titik Nol.

Advertisement

2. Tugu Pal Putih

Ingin foto di ikonnya Jogja? Ke Tugu Pal Putih saja! Tugu Jogja yang disebut juga sebagai Tugu Golong Gilig tidak pernah sepi pengunjung karena tugu ini menjadi ikon Jogja selain kraton dan Malioboro. Warga yang datang tidak perlu membayar tiket.

Namun kamu perlu berhati-hati saat foto di Tugu karena lokasinya berada di tengah-tengah simpang empat yang ramai kendaraan. Tidak disarankan untuk berfoto tepat di sampingnya karena pemerintah sudah memberikan batas dengan pagar besi di sekeliling Tugu Jogja.

Advertisement

Kamu bisa mengambil gambar dari monumen Tugu Golong Gilig yang ada di tenggara Tugu Jogja atau di cafe-cafe yang ada di seputaran Tugu sembari mencicipi hidangan buka puasa.

3. Malioboro 

Sama halnya dengan Titik Nol, untuk ke Malioboro wisatawan hanya perlu membayar tiket parkir. Selebihnya, wisatawan bisa masuk kawasan Malioboro tanpa tiket wisata lagi.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu sepuasnya di Malioboro dengan duduk-duduk di pedestrian sembari menikmati rindangnya pohon asem dan gayam serta alat transportasi tradisional yang masih banyak ditemui di situ. Musik Jawa yang terdengar dari speaker di area itu, semakin menambah suasana piknik Jogja 'njawani'. 

Advertisement

4. Alun-Alun Kidul

Objek wisata yang ada di Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja ini juga gratis untuk umum. Anda hanya butuh uang sekitar Rp5.000 untuk parkir kendaraan.

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari menjelang senja agar tidak terlalu panas. Tempat ini merupakan lapangan terbuka di tengah kota dengan dua beringin besar di tengahnya.

Anda bisa duduk santai di rerumputan alun-alun sembari menikmati bekal dari rumah. Bagi yang ingin mencicipi jajanan kaki lima juga bisa merapat ke tepi alun-alun. Banyak pedagang makanan dan minuman di situ, seperti wedang ronde, mi instan, jajanan kekinian seperti takoyaki, dan masih banyak lagi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement