Advertisement

Rekomendasi Kuliner di Sekitar Pura Pakualaman, Harga Murah Meriah!

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 05 November 2022 - 03:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Rekomendasi Kuliner di Sekitar Pura Pakualaman, Harga Murah Meriah! Rujak Es Krim Pak Nardi. / Instagram javafoodie

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di sekitar Pura Pakualaman, terdapat sejumlah destinasi kuliner yang patut dikunjungi. Sejumlah pedagang di sana sudah berjualan puluhan tahun, sehingga rasanya tak perlu diragukan lagi.

Pura Pakualaman merupakan bekas istana kecil Kadipaten Pakualaman. Di kompleks itu, terdapat sejumlah bangunan cagar budaya yang hingga kini masih digunakan. Beberapa bangunan yang bisa dikunjungi ialah museum dan masjidnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Usai berwisata di Pura Pakualaman, tak ada salahnya menyempatkan hunting kuliner yang ada di sekitar sana. Di sana, ada sejumlah destinasi kuliner yang wajib disambangi untuk berwisata rasa.

Berikut rekomendasi destinasi kuliner di sekitar Pura Pakualaman yang wajib dicoba:

Rujak Es Krim Pak Nardi

Mencicipi rujak es krim di siang hari tentu menjadi pelipur hawa panas yang tiada duanya. Apalagi, jika rujak es krim yang dicicipi merupakan salah satu rujak legenda.

Rujak Es Krim Pak Nardi yang berlokasi di kawasan Pura Pakualaman merupakan salah satu destinasi kuliner yang wajib disambangi di Jogja. Konon, rujak es krim ini merupakan pelopor rujak es krim di Jogja karena sudah berdiri sejak 1978.

Rujak es krim di lapak Pak Nardi berisi es puter dan buah-buahan yang diberi bumbu rujak. Salah satu pembeda rujak es krim ini ialah menggunakan mangga alih-alih nanas. Selain itu, kekhasan rujak di sana ialah tidak menggunakan kacang. Seporsi rujak es krim itu dijual dengan harga Rp8.000 saja.

Advertisement

Bakso dan Mie Ayam Cak Iwan

Di Jogja, warung bakso dan mie ayam sangat mudah ditemui di berbagai ruas jalan. Kuliner yang jadi favorit banyak kalangan ini bisa menjadi sajian yang aman untuk disantap di berbagai kesempatan.

Namun, ada warung bakso dan mie ayam yang jadi rekomendasi di kawasan Pura Pakualaman, yaitu Warung Bakso dan Mie Ayam Cak Iwan. Banyak penggemar mie ayam yang mengakui kelezatan hidangan di warung ini, apalagi warungnya tak pernah sepi pembeli.

Advertisement

Semangkuk mie ayam dan bakso di sini bisa dilengkapi dengan berbagai topping, namun yang jadi unggulan ialah ceker dan tetelan. Semangkuk mie ayam dan bakso di sana bisa dinikmati mulai harga Rp10.000. 

Jamu Ginggang

Melegakan tenggorokan dengan jamu mungkin bukan favorit semua orang. Namun, tak ada salahnya mencoba es beras kencur atau es kunir asam untuk menyegarkan hari.

Di kawasan Pura Pakualaman, ada warung jamu yang resepnya asli dari abdi dalem kadipaten, yaitu Jamu Ginggang. Resep itu sudah diracik sejak tahun 1927.

Advertisement

Di sana, pelanggan bisa request berbagai racikan jamu. Mulai dari yang umum seperti beras kencur dan kunir asam yang segar, hingga jamu-jamu untuk pengobatan. Harganya murah-meriah, mulai dari Rp4.000 saja setiap gelas.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement