Advertisement

Waterboom Jogja Gandeng Komunitas dan TK Gelar Festival Angklung Se-DIY

Media Digital
Senin, 07 November 2022 - 17:42 WIB
Budi Cahyana
Waterboom Jogja Gandeng Komunitas dan TK Gelar Festival Angklung Se-DIY Festival Angklung hadir dengan nama AKYK Kids Festival Angklung In Harmony Tahun 2022, Minggu (6/11/2022). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Waterboom Jogja atau yang dahulunya di kenal sebagai Jogja Bay Waterpark kembali munculkan festival angklung. Setelah dua tahun rehat karena pandemi, akhirnya Festival Angklung hadir dengan nama AKYK Kids Festival Angklung In Harmony Tahun 2022, Minggu (6/11/2022).

Jumlah peserta yang turut serta dalam  kegiatan tersebut mencapai lebih dari 2000 peserta yang hadir sehingga Panggung Harbour Theater Waterboom Jogja membeludak. Festival angklung tersebut merupakan rangkaian acara kedua setelah sebelumnya diadakannya festival angklung tingkat TK dan SD Se DIY dengan memperebutkan piala dari GKR Hemas. Perbedaan dengan festival minggu yaitu, terkait kategori yang diperlombakan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Saat ini, kategori yang diperlombakan yaitu khusus TK dari seluruh penjuru DIY dengan memperebutkan juara umum GKR Hemas. Festival Angklung kali, dihadiri lebih dari 2000 peserta, yang dimana total sekolah yang mengikuti berasal dari 49 sekolah.  Rangkaian kegiatan AKYK Kids Festival Angklung In Harmony Tahun 2022, diantaranya yaitu penampilan angklung dari masing-masing sekolah kategori TK se DIY.

Penampilan tersebut dilakukan selama dua hari berturut-turut, yang kemudian dilanjutkan dengan adanya pengumuman kejuaraan festival angklung tersebut dilakukan pada hari Minggu, 6 November 2022. Selain itu, para peserta juga diberikan fasilitas tambahan yaitu bermain dan berenang di Waterboom Jogja sehingga para peserta merasakan kebahagiaan yang berlimpah. Festival angklung kali ini turut dihadiri pula beberapa pejabat penting, diantaranya seperi Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Sleman, Kabid Industri Dinas Pariwisata Diy, Kapolsek Depok Timur, Lurah Maguwoharjo, dan Panewu Depok.

Penjelasan terkait acara serta tujuan kegiatan AKYK Kids Festival Angklung In Harmony pun diutarakan secara langsung oleh salah satu Pimpinan Waterboom Jogja yaitu Bapak Denny Osmar selaku General Manager Waterboom Jogja yang berkata, “Jadi, acara hari ini yaitu acara lanjutan dari acara kemarin masih dalam suasana memperingati hari sumpah pemuda. Kegiatan kali ini khusus kategori TK se DIY dengan tujuan utama yaitu memperebutkan piala dari GKR Hemas. Selain itu, tujuan diadakannya kegiatan ini juga karena mengingat kita harus melestarikan warisan budaya bangsa, maka dari itu kami buat kegiatan dalam rangka melestarikan budaya bangsa sekaligus memperkenalkan dan menumbuhkan semangat juang para murid sejak dini untuk mengenali, mencintai, dan menjaga warisan budaya bangsa yaitu alat musik angklung ini.”

Selanjutnya, selaku General Manager Waterboom Jogja, Bapak Denny Osmar juga menjelaskan bahwa event angklung ini memiliki tujuan lain yaitu dalam rangka menyambut acara ulang tahun Waterboom Jogja ke-7 dengan nama Colourful Seventure sehingga acara ini rutin di laksanakan setiap Sabtu dan Minggu hingga pertengahan Bulan November 2022.

Harapannya terkait adanya event berkelanjutan seperti ini yaitu mampu menjadikan festival angklung sebagai event tahunan serta menumbuhkan sikap dan kepedulian terhadap pelestarian budaya angklung sejak dini yaitu sejak di usia kanak-kanak, serta menumbuhkan bibit-bibit yang unggul, kompak, dan kreatif. (***)

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement