Advertisement

Empat Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bantul, Catat Lokasinya!

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 19 November 2022 - 13:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Empat Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bantul, Catat Lokasinya! Warga jogging di tepian Embung Potorno. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Destinasi wisata di Bantul memiliki daya tarik tersendiri. Kabupaten yang berada di sisi selatan DIY ini dikenal berkat wisata alamnya yang menarik hati.

Mulai dari perbukitan hingga tepi pantai, semuanya ada di Bantul. Beragam destinasi wisata di Bantul sudah jadi favorit pengunjung untuk berakhir pekan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berikut deretan tempat wisata di Bantul yang direkomendasikan Harianjogja.com. Wajib dikunjungi penggemar wisata alam!

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk merupakan sebutan bagi bukit pasir di tepi laut. Di pinggir Pantai Parangkusumo di Bantul, terdapat destinasi wisata populer yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo.

Lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis membuat destinasi yang satu ini jadi spot foto favorit bagi wisatawan. Selain itu, gumuk ini juga kerap disinggahi para penggemar sandboarding.

Paduan antara padang pasir, langit biru, hingga hamparan laut jadi pemandangan yang tak boleh dilewatkan. Jangan lupa ajak pasangan maupun sobatmu jika berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Puncak Sosok

Advertisement

Salah satu tempat terbaik di Bantul untuk melihat matahari tenggelam ada di Puncak Sosok. Berada di dataran tinggi desa Bawuran, Pleret, Bantul, kawasan ini awalnya hanya area penuh ilalang yang kemudian disulap menjadi destinasi wisata hits.

Di kala sore tiba, Puncak Sosok selalu ramai pengunjung. Selain karena kesejukan udaranya, lokasi ini menjadi tempat favorit warga karena mereka juga dapat bersantai di pelataran ditemani pementasan musik akustik. Pengunjung juga bisa leluasa melihat hamparan hijau persawahan dan gemerlap Kota Jogja begitu malam tiba.

Embung Potorono

Advertisement

Di Bantul sisi timur, tepatnya di Kapanewon Banguntapan, terdapat telaga buatan yang bernama Embung Potorono. Embung ini dibangun di atas lahan Wanadesa seluas 30.000 meter persegi.

Selain wisata keluarga, Embung Potorono juga banyak dimanfaatkan untuk berolahraga. Jalanan aspal yang mengelilingi embung ini sering digunakan untuk jogging atau bersepeda.

Bila ingin menjajal olahraga yang sedikit menantang, pengunjung bisa mencoba naik kano di telaga ini. Dengan tarif Rp15.000, pengunjung bisa merasakan asyiknya mengayuh kano mengitari embung selama 15 menit

Curug Pulosari

Advertisement

Berwisata ke Bantul, tak lengkap rasanya jika belum mendatangi Curug Pulosari. Air terjun yang terletak di Desa Wisata Krebet, Bantul ini memiliki pesona yang memikat karena aliran airnya halus bak lembaran tirai.

Air terjun ini memiliki lokasi yang cukup terpencil di tengah hutan pohon jati. Lantaran tempatnya menyelinap, pemandangan yang ditawarkan masih asri dan memanjakan mata.

Jika dibandingkan spot air terjun lainnya di DIY, air terjun ini tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya berkisar lima sampai tujuh meter saja. Namun, daya tarik curug ini memang tidak terletak di ketinggian turunan airnya, melainkan jatuhnya air dari atas tebing yang tidak begitu deras membuat aliran air tampak seperti tirai-tirai putih yang cantik.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement