Advertisement

Ini Deretan Tempat Wisata Bukit di Jogja, Mana Favoritmu?

Lajeng Padmaratri
Minggu, 20 November 2022 - 04:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Ini Deretan Tempat Wisata Bukit di Jogja, Mana Favoritmu? Wisatawan mulai ramai mendatangi Bukit Klangon di Glagaharjo, Cangkringan, Minggu (13/9/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Melihat Jogja dari sudut yang berbeda selalu menarik. Apalagi, menikmati pemandangannya dari ketinggian.

Jogja menyimpan sejumlah bukit yang layak disambangi untuk melihat panorama yang eksotis dari ketinggian. Meskipun rata-rata lokasinya berada jauh dari pusat kota, namun pemandangan bak negeri khayangan itu akan membayar rasa lelah selama menempuh perjalanan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berikut rekomendasi tempat wisata bukit yang jadi favorit wisatawan jika berkunjung ke Jogja. Jangan lupa catat lokasinya!

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pesisir pantai selatan Jogja. Lokasinya ada di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Dari sana, kamu bisa menyaksikan ombak bergulung-gulung menghantam batu karang di gugusan pantai Gunungkidul, meliputi Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung serta Pantai Banyunibo dan Pantai Siung di arah barat.

Walaupun akses kesana cukup menguras tenaga, namun rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan bukit yang luar biasa. Rumput tumbuh dengan subur di sana, membuatnya terlihat seperti pegunungan hijau yang selalu sukses menyegarkan mata. Saat kemarau rumput tersebut akan mengering dan mengubah bukit hijau menjadi padang sabana.

Di sana, wisatawan juga bisa mendirikan tenda dan berkemah. Fasilitas penunjang di kawasan wisata Bukit Pengilon sudah mulai memadai, seperti area berkemah, tempat ibadah, toilet, warung, area parkir, dan banyak spot foto.

Advertisement

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu puncak tertinggi di gugusan Pegunungan Menoreh dengan ketinggian sekitar 1.019 mdpl. Lokasi tepatnya ada di Keceme, Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo.

Untuk mencapai puncaknya, pengunjung harus mendaki 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan tinggi. Namun, sejuknya udara pegunungan mampu mengusir rasa lelah yang menghampiri.

Advertisement

Begitu sampai puncak, terhampar pemandangan indah di titik perbatasan Provinsi DIY dan Jawa Tengah itu. Wisatawan bisa menikmati pemandangan deretan gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro bahkan Candi Borobudur di sisi utara. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan Kota Jogja dan Samudera Hindia di sisi selatan.

Di Puncak Suroloyo juga terdapat kolam dari mata air yang dinamai Sendang Kawidodaren. Sendang ini dipakai masyarakat untuk upacara adat setiap peringatan Malam Satu Suro atau awal bulan pertama Tahun Baru Jawa. Pada momen itu, dilakukan jamasan pusaka pemberian Kraton Jogja berupa Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo.

Bukit Klangon

Bukit ini merupakan bukit terdekat dengan Gunung Merapi yang terletak di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Ketinggiannya yang sekitar 1.100 mdpl membuat kondisinya bersuhu dingin dan sejuk.

Advertisement

Waktu yang disarankan untuk berkunjung ke Bukit Klangon ialah pada pagi hari, karena selain sejuk, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang elok. Jika sudah siang hari biasanya kabut akan turun dan menghalangi pemandangan.

Tak perlu mendaki gunungnya jika ingin melihat puncak Gunung Merapi dengan jelas. Dari sejumlah gardu pandang di Bukit Klangon, kita bisa dengan jelas menyaksikan puncak gunung berapi itu yang disebut Puncak Garuda.

Selain untuk refreshing, Bukit Klangon juga cocok bagi penyuka wisata ekstrim. Pengelola telah menyediakan fasilitas sirkuit downhill yang memungkinkan pengunjung bersepeda naik turun di jalur terjal yang menguji adrenalin.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Data Pemilih Gunungkidul Terus Diperbarui Setiap Bulan

Gunungkidul
| Senin, 28 November 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement