Advertisement

Menengok Kembang Soka, Air Terjun Perbukitan Menoreh yang Sejuk dan Ngangenin

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 07 Januari 2023 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menengok Kembang Soka, Air Terjun Perbukitan Menoreh yang Sejuk dan Ngangenin Air Terjun Kembang Soka Kulonprogo. - Ist - Dinpar Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berwisata ke Air Terjun Kembang Soka bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan Anda. Air terjun ini  terletak di perbukitan Menoreh, Kulonprogo, tepatnya di Jalan Gunung Kelir, Girimulyo, Jatimulyo.

Dari pusat Kota Jogjam, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam. Tidak butuh biaya mahal untuk masuk ke tempat ini yakni sekitar Rp11.000 per orang. Mulai pukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB, pengunjung bisa memanjakan diri bermain air di tempat ini.

Advertisement

Air terjun Kembang Soka mengucur deras. Warna airnya yang putih kebiruan menyejukkan mata. Air itu terjun dan menghempas bebatuan putih yang ada di bawahnya.

Baca juga: Bangkok Jadi Kota Terbaik Liburan Mewah dengan Budget Mepet

Ada tiga area yang bisa dieksplore. Pertama area ciblon anak, kedua kali miri dan ketiga adalah area ciblon dewasa.

Selain bisa untuk resfreshing menghilangkan penat, Kembang Soka juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable. Banyak spot-spot yang bisa dikunjungi, salah satunya jembatan kayu di atas air yang mengalir.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kulonprogo, Nama Kembang Soka dipilih karena dahulu ada banyak pohon Soka yang tumbuh disana. Masyarakat sekitar pun memberi nama air terjun ini Kembang Soka. Untuk menuju air terjun Kembang Soka wisatawan harus berjalan kurang lebih 200 meter dari parkiran.

Setelah sampai di air terjun, wisatawan lanjut berjalan ke arah dasar lembah. Uniknya jalan yang terpasang berupa jembatan kayu yang melintasi tepat di depan air terjun. Setelah bertemu dengan jembatan kayu, wisatawan akan berjumpa dengan air terjun besar yang mengalir ke sebuah kolam besar di bawahnya.

Pada akhir jembatan kayu wisatawan disuguhi kolam yang cukup besar berasal dari 2 aliran air terjun. Kelebihan dari air terjun Kembang Soka ini adalah airnya yang tidak pernah surut ketika musim kemarau tiba karena ada 3 sumber mata air di sekitarnya.

Fasilitas pendukung pun sudah tersedia seperti warung makan, mushola dan toilet. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir untuk menghabiskan hari di Kembang Soka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca BMKG Jogja dan Sekitarnya Rabu 29 Mei 2024: DIY Cerah Berawan

Jogja
| Rabu, 29 Mei 2024, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Wow, 5 Restoran di Inggris Ini Sajikan Tempe sebagai Makanan Mewah

Lifestyle
| Selasa, 28 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement