Advertisement

Asyik, Bayar Andong Wisata di Jogja Bisa Pakai QRIS

Abdul Hamied Razak
Selasa, 10 Januari 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Asyik, Bayar Andong Wisata di Jogja Bisa Pakai QRIS Regional Consuner Banking Head BRI Yogyakarta, Bayu Pancakusuma (kiri) memindai kode saat membayar andong lewat QRIS BRI di Ndalem Yudonegaran, Jogja, Selasa (10/1). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kampanye transaksi digital terus digaungkan, khususnya di sektor pariwisata. Salah satunya adalah melalui kerja sama yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Office (RO) Yogyakarta dan Paguyuban Paguyuban Kusir Andong Wisata Jogja, Selasa (10/1/2023), terkait dengan penggunaan Quick Response Code Standard (QRIS) BRI.

Selain memudahkan wisatawan, layanan transaski tersebut juga tertujuan untuk meningkatkan pembayaran nontunai di DIY.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Regional CEO BRI RO Yogyakarta, John Sarjono mengatakan wisatawan yang menggunakan layanan andong wisata bisa membayar menggunakan QRIS BRI yang ada di aplikasi BRImo.

“Hal itu merupakan bentuk edukasi terhadap kusir andong wisata untuk melakukan pembayaran nontunai," katanya di sela-sela penandatanganan kerja sama antara BRI dan Paguyuban Kusir Andong Wisata Jogja, Selasa.

Pengaplikasian QRIS BRI untuk transaksi pembayaran digital Andong Wisata, lanjut Sarjono tercermin dari jumlah user aktif BRImo yang mencapai lebih dari 24 juta nasabah.

BACA JUGA: Membumikan QRIS, Mendorong Kemajuan dengan KUR

Dia berharap, kerja sama tersebut dapat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan dan para kusir andong di DIY tentang solusi bertransaksi dengan cepat, mudah, aman, serta menguntungkan.

Ketua Paguyuban Kusir Andong Jogja, Purwanto mengatakan metode pembayaran nontunai dengan QRIS BRI akan diaplikasikan kepada 385 andong wisata di wilayah DIY.

"Dengan pembayaran menggunakan QRIS ini, kami bisa mengikuti perkembangan zaman dan program pemerintah. Bagaimana kolaborasi antara transportasi tradisional dengan pembayaran modern," katanya.

Dia berharap, penggunaan QRIS BRI tersebut bisa menyejahterakan para kusir andong. Pasalnya, uang wisatawan yang dihasilkan dari jasa wisata andong akan langsung masuk ke tabungan para kusir andong.

"Kalau langsung masuk tabungan tentu lebih baik daripada masuk kantong. Bisa menambah pendapatan para kusir dan wisatawan tidak perlu membawa banyak uang tunai saat ingin berwisata andong di Jogja," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com, Selasa 6 Februari 2023

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:07 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement