Advertisement

Ada 9 Agenda Wisata Unggulan di Bantul Tahun Ini, Catat Daftarnya

Andreas Yuda Pramono & Ujang Hasanudin
Kamis, 12 Januari 2023 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Ada 9 Agenda Wisata Unggulan di Bantul Tahun Ini, Catat Daftarnya Sejumlah wisatawan berlibur di Pantai Goa Cemara, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata Bantul telah memiliki rencana untuk mendongkrak kunjungan wisatawan pada 2023. Ada sembilan agenda wisata yang sudah disiapkan baik oleh organisasi perangkat daerah di tingkat kabupaten maupun Pemda DIY.

“Dari sembilan agenda tersebut, tujuh di antaranya diselenggarakan oleh Pemkab, contohnya seperti Festival Kuliner, Simfoni Gumuk Pasir, Keroncong Pesisiran, Festival Bregada, dan Festival Lampion,” kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi, Selasa (10/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Agenda lainnya yakni Jogja Air Show (JAS), Festival Layang-Layang, dan Festival Perahu Naga yang digelar Pemda DIY.
Seusai Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, angka kunjungan wisatawan di sejumlah kawasan wisata Bantul menurun drastis. Jika dibandingkan saat liburan akhir tahun, penurunan mencapai 50%.

Markus mengatakan jumlah pengunjung pada akhir pekan Jumat-Minggu (6-8/1) mencapai 37.673 turis. “Dari jumlah itu, PAD yang didapat mencapai Rp366 juta, kata Markus.

BACA JUGA: Tol Terpanjang Kedua di Indonesia Tersambung Tol Jogja Solo dan Jogja Cilacap, Ini Jalurnya

Sementara, data jumlah wisatawan pada hari biasa mulai Senin sampai Minggu (2-8/1) mencapai 60.051 orang dengan perolehan PAD mencapai Rp584 juta. Sementara data wisatawan saat libur akhir tahun mulai 31 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 mencapai 69.342 orang dengan PAD mencapai Rp673 juta. Data mingguan mulai 26 Desember 2022 1 Januari 2023 menunjukkan sebanyak 115.240 wisatawan dengan PAD mencapai Rp1 miliar.

Data tersebut mengacu pada kawasan wisata yang dikelola Dinas Pariwisata Bantul. Bukan hanya kawasan pantai selatan tetapi juga Gua Selarong dan Gua Cerme, katanya.

Menurut pria yang kerap disapa Ipung ini, capaian di pekan pertama Januari 2023 tidak dapat dibandingkan dengan pekan lalu. Hal tersebut berkaitan dengan agenda tahun baru yang digelar di beberapa tempat.

Selain menggenjot pendapatan, Dispar Bantul juga terus berupaya menyosialiasikan penggunaan transaksi digital atau elektronik untuk masuk destinasi wisata. Pasalnya, sampai saat ini jumlah transaksi digital bagi wisatawan masih minim. Hal itu terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan selama akhir pekan lalu atau dari 6-8 Januari 2023 yang berjumlah 37.673 orang. Dari jumlah itu, hanya 3.079 orang atau 8,1 persen yang melakukan reservasi melalui Visiting Jogja, kata Markus, Selasa.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan target wisatawan di 2023 mencapai Rp3,3 juta turis dengan target PAD sebesar Rp33 Miliar. Untuk agenda wisata di Bantul di tahun ini, Kwintarto mengatakan jajarannya menggandeng beberapa komunitas seperti Coast to Coast, Patodiningrat, dan BOB Sunset Run, dan masih ada beberapa event lagi. “Ada lebih dari 10 agenda di kawasan pantai selatan dan beberapa event yang digelar masyarakat,” kata Kwintarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemahaman tentang Kanker Akan Turunkan Risiko Kematian

Sleman
| Senin, 06 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement