Advertisement

Ketahui Kemudahan Perjalanan Jauh Naik Kereta Api

Media Digital
Selasa, 17 Januari 2023 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Ketahui Kemudahan Perjalanan Jauh Naik Kereta Api Ilustrasi kereta api - Antara

Advertisement

JOGJA—Bepergian jarak jauh membutuhkan waktu dan tenaga lebih, sehingga Anda pun tentu memilih transportasi yang praktis dan juga nyaman selama di perjalanan. Kereta api salah satu transportasi yang tepat untuk perjalanan jarak jauh.

Naik kereta api kini lebih mudah dengan memesan tiket secara online. Beli tiket kereta api bisa melalui Traveloka yang tentunya lebih cepat dan praktis. Namun, perlu Anda ketahui apa saja kemudahan perjalanan jarak jauh naik kereta api berikut ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kemudahan Perjalanan Jarak Jauh Naik Kereta Api

Perjalanan jarak jauh membuat penumpang harus lebih memperhatikan jenis transportasi apa yang aman dan nyaman. Sebab, sepanjang perjalanan biasanya penumpang akan merasa lebih lelah, bosan, dan juga terkadang khawatir akan keamanan kendaraan.

Naik kereta api menjadi solusi untuk Anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh. Berikut merupakan kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika naik kereta api.

1.   Armada Nyaman

Kemudahan pertama ialah armada yang nyaman. Terlepas Anda memilih kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif, kereta api kini memiliki armada yang mumpuni. Berbeda dengan masa­-masa sebelumnya yang mana armada kereta api masih belum terawat.

Kini, kereta api menawarkan fasilitas yang lengkap, nyaman, dan juga dapat menunjang kebutuhan penumpangnya. Mulai dari AC, colokan listrik, toilet, resto, dan sebagainya.

Setiap kelas juga tentu memiliki keunggulan yang berbeda-­beda. Anda hanya perlu memilih kelas kereta api yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2.   Tidak Macet

Salah satu kemudahan naik kereta api ialah tidak macet. Berbeda halnya jika Anda naik kendaraan umum seperti mobil, bus, atau elf, biasanya akan lebih mudah terkena macet lalu lintas.

Kereta api sudah memiliki jalurnya sendiri, sehingga tidak akan terkena macet. Selain itu, jadwal keberangkatan pun tepat waktu dan saat tiba pun tepat waktu. Tidak hanya itu saja, jika naik kereta api, Anda juga tidak mudah bosan.

Hal tersebut karena saat naik kereta api, Anda akan melalui jalur yang lebih bervariasi yang  bisa menenangkan mata. Anda bisa melihat pemandangan lebih luas, melewati lembah, pegunungan, dan juga pesawahan.

3.   Lebih Hemat

Selanjutnya, yaitu lebih hemat. Anda bisa berhemat dalam hal waktu, tenaga, maupun uang. Ya, harga tiket kereta api mungkin bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Namun, hal tersebut sepadan dengan kenyamanan yang bisa Anda dapatkan.

Naik kereta api juga lebih hemat waktu, karena jadwal keberangkatan maupun tiba di tujuan sudah terjadwal jelas dan tepat waktu. Berbeda halnya dengan naik kendaraan umum yang bisa berpotensi tiba lebih lambat karena macet atau kendala perjalanan lainnya.

Selain itu, Anda juga lebih hemat tenaga tanpa harus naik turun kendaraan. Anda akan fokus pada perjalanan namun tetap merasa kebebasan di dalamnya.

4.   Syarat Perjalanan Praktis

Selanjutnya yaitu syarat perjalanan yang praktis. Beberapa waktu ini Indonesia mengkhususkan sejumlah persyaratan perjalanan yang disesuaikan dengan kondisi Covid­19. Sehingga, banyak transportasi umum yang mengubah persyaratan perjalanan bagi para penumpangnya.

Kereta api awalnya membutuhkan persyaratan yang memang sedikit ribet. Namun, kini persyaratannya lebih praktis, yaitu hanya KTP dan melampirkan hasil tes GeNose.

Di tahun 2022 ini pun sudah semakin dipermudah dengan hanya melampirkan identitas diri. Namun, pastikan Anda sudah divaksin dan dalam kondisi sehat.

5.   Pesan Tiket Bisa Online

Kini Anda tidak perlu capek mengantri di loket lagi untuk mendapatkan tiket kereta api. Sebab, Anda bisa memesan tiket kereta api secara online. Pesan tiket secara online tentu lebih mudah, cepat, dan praktis.

Anda bisa melakukan pemesanan tiket jauh­-jauh hari sebelum hari H keberangkatan, dan juga menentukan jadwal kepulangan bersamaan saat pesan tiket keberangkatan. Dengan begitu, Anda tidak perlu ribet lagi kalau harus memesan tiket pulang.

Pesan tiket online juga memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran. Sebab, terdapat banyak metode pembayaran baik itu cash atau cashless. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan promo yang sedang berlangsung.

Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka

Setelah mengetahui informasi di atas, kini Anda bisa dengan mudah pesan tiket kereta api melalui aplikasi Traveloka. Di Traveloka, Anda dapat memesan tiket kereta api jauh-­jauh hari sebelum hari H keberangkatan.

Anda bisa menentukan jadwal keberangkatan, kelas perjalanan, lokasi tempat duduk, dan lain sebagainya. Tentu, Anda bisa menerapkan promo yang sedang berlangsung di Traveloka.

Anda bisa berkesempatan mendapat potongan harga, cashback, atau juga penawaran spesial lainnya. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda sebagai pemesan tiket kereta api secara online di Traveloka.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja Anda buka aplikasi Traveloka dan mulai dapatkan tiket kereta api dengan harga terbaik! (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Selasa 7 Februari 2023, Siap-Siap Hujan!

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Simak Jadwal KRL Jogja Solo Selasa 7 Februari 2023

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement