Advertisement

Ini 10 Daftar Makanan Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia

Arlina Laras
Senin, 23 Januari 2023 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini 10 Daftar Makanan Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia Negara penghasil keju

Advertisement

Harianjgoja.com, JAKARTA– Makanan adalah kebutuhan dasar hidup kita, tetapi bagi pecinta kuliner, itu adalah suatu kecintaan mereka. Bahkan, di setiap negara di berbagai penjuru dunia punya makanan khas masing-masing yang menarik buat dikulik.

Namun, di antara beberapa makanan tersebut, ada yang tergolong ke dalam makanan amat mewah, bahkan tercatat sebagai makanan termahal di dunia lantaran kelangkaannya.

Advertisement

Simak daftar makanan termahal di dunia:

1. Keju Moose

Keju selalu menjadi produk susu termahal, tetapi keju Moose yang diproduksi dengan susu Moose tetap menjadi keju termahal di dunia. Keju rusa diproses dan hanya ditemukan di Swedia, dijual sekitar US$ 1.000 atau setara dengan Rp15 juta per kilogram. 

Memerah susu Moose bukanlah tugas yang mudah, menjadikannya salah satu alasan di balik harga keju yang begitu mahal. Peternakan Elk House, yang dijalankan oleh dua saudara perempuan diyakini sebagai penghasil terbesar dan utama keju ini.

2. White Truffle 

White truflle alias truffle putih adalah jamur bawah tanah yang tumbuh di Eropa karena iklim yang cocok di sana. 

Truffle ini membutuhkan lingkungan dan kondisi iklim yang sangat spesifik untuk tumbuh sehingga sangat sulit ditemukan, membuatnya mahal dibandingkan varietas jamur lainnya. Membeli truffle putih dapat menghabiskan biaya hingga US$1.000 atau setara dengan Rp15 juta per pon atau per 453,6 gram. 

3. Ayam Cemani

Ayam Cemani yang berwarna hitam, merupakan ayam yang diternak di Indonesia dan tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan menularkan flu burung. 

Di Indonesia jenis ayam ini ini bisa berharga sekitar US$200 atau setara dengan Rp3 juta tetapi di luar negeri, jenis ini dapat dijual dengan harga ribuan dollar. Selain karena warnanya, jenis ayam ini juga terkenal sebagai ayam olah raga yang populer, khususnya di Bali. 

4. Jamón Ibérico

Jamón Ibérico atau Ham Iberian Kering adalah varietas ham termahal yang tersedia di Dunia. Iberia adalah jenis langka yang hanya ditemukan di Spanyol dan Portugal. Babi Iberco perlu diberi makan dengan biji pohon ek, yang harganya sangat mahal sehingga setiap kaki bisa menghabiskan biaya hampir US$4.500 atau setara dengan Rp67,5 juta 

5.  Saffron

Saffron adalah salah satu bumbu yang kita semua orang India gunakan selama acara-acara khusus, tetapi dengan hati-hati. Untuk mengumpulkan hanya 1 kilogram kunyit, seseorang harus mengumpulkan lebih dari 3.000.000 bunga. 

Seluruh proses mengumpulkan saffron sangat membosankan karena hanya tumbuh selama seminggu sepanjang tahun, sehingga harganya berkisar antara US$400 atau setara dengan Rp6 juta hingga US$1.000 atau setara dengan Rp15 juta per kilogram. 

6.  Kopi Luwak

Minuman ini sangat cocok untuk semua pecinta kop, yakni salah satunya Kopi Luwak, biji kopi termahal di dunia terkenal karena sebagian dicerna dan dibuang oleh musang atau musang kelapa. 

Para petani di Indonesia mengumpulkan ribuan kotoran luwak untuk menghasilkan biji kopi yang terkenal di dunia ini. Itu difermentasi dalam perut hewan yang membuatnya begitu kaya rasa, membuatnya berharga sekitar US$700 atau setara dengan Rp10,5 juta per kilogram. 

7.  Jamur Matsutake

Ditemukan di Jepang, jamur ini terkenal dengan rasa manis dan pedasnya yang unik. Menanam varietas jamur ini bukanlah permainan anak-anak karena hanya dipanen setahun sekali. Harganya bisa mencapai US$600 atau setara dengan Rp9 juta per kilogram dan hanya mereka yang cukup kaya untuk bereksperimen dengan selera mereka.

8.  Densuke Black Watermelon

Densuke Black Watermelon alias atau semangka air hitam ini berasal dari Jepang dan harganya sangat mahal sehingga tidak dijual secara terbuka, tetapi dilelang setiap tahun. Sesuai tradisi Jepang, semangka hitam dianggap sebagai hadiah pernikahan yang tak ternilai harganya.

Karena membutuhkan ruang besar agar semangka ini tumbuh, maka biasanya hanya 1.000.000 semangka Densuke yang ditanam, di mana setiap semangka ini berharga hingga US$6.000 atau setara dengan Rp90 juta. 

9.  Sup Sarang Walet

Sup sarang burung walet adalah bagian penting dari budaya makanan Cina, tetapi hanya penduduk kaya yang mampu membeli sarang burung walet, yang hanya terbuat dari air liur burung.

Adapun, hal yang membuat makanan ini mahal, sebab burung-burung membangun sarangnya di tebing yang jauh, sehingga sulit dikumpulkan, alhasil harga yang dibanderol berkisar US$3.000 atau setara dengan Rp45 juta per kilogram. 

10.  Caviar

Dunia makanan mewah rasanya tidak lengkap tidak lengkap jika tidak menyebutkan Caviar. Kini, banyak orang yang tergila-gila untuk mencicipi telur ikan ini dan White Pearl Albino Caviar yang diyakini sebagai jenis yang paling mahal. Mutiara putih ini lebih mahal daripada yang asli dan harganya bisa mencapai US$9.100 atau setara dengan Rp136 juta per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pembangunan Sleman Fokus Pada Isu Kemiskinan dan Kesejahteraan

Sleman
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Tips Mendapatkan Hasil Riasan yang Flawless bagi Pemula

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement