Advertisement

3 Makanan Ini Paling Dicari Saat Piknik ke Kaliurang

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 25 Januari 2023 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Makanan Ini Paling Dicari Saat Piknik ke Kaliurang Jadah Tempe Mbah Carik - Facebook @Jadah Tempe Mbah Carik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Main ke Kaliurang Sleman tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner. Di sana banyak makanan legendaris yang menjadi ciri khas dari objek wisata di lereng Merapi itu.

Kaliurang menyajikan menu kuliner yang khas. Berikut ini Harianjogja.com merangkum makanan legendaris yang paling dicari saat piknik ke Kaliurang:

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

1. Jadah Tempe

Makanan ini merupakan gabungan dua makanan tradisional khas Jogja yaitu jadah dan tempe. Untuk jadahnya dibuat dari beras ketan dan kelapa parut. Sementara tempenya berasal dari kedelai yang dimasak bacem. 

Baca juga: Tak Semua Wisata Lereng Merapi Ditutup, Sejumlah Objek Wisata Ini Tetap Dibuka

Makanan ini menjadi kuliner ikonik Kaliurang. Saat memasuki wilayah ini, wisatawan sudah disambut dengan pedagang jadah tempe yang berjajar di pinggiran jalan.

Harganya cukup terjangkau. Untuk satu porsi hanya dibanderol Rp10.000, berisi lebih dari 5 pasang jadah tempe. Salah satu produk jadah tempe yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik.

2. Wajik

Pedagang jadah tempe di Kaliurang biasanya juga menjajakan wajik. Wajik adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Berbeda dengan jadah yang cenderung memiliki tekstur lembut dan rasanya gurih, wajik memiliki tekstur kasar dan rasanya manis. 

Rasa manis diperoleh dari campuran gula merah. Gula merah itu pula yang membuat warna wajik menjadi coklat kemerahan. Harganya juga terjangkau seperti jadah tempe. Cukup membayar dengan uang Rp10.000, wisatawan sudah merasakan kenyang. 

3. Sate Kelinci

Di area parkir Objek Wisata Telaga Putri berjajar warung-warung makan yang buka setiap hari. Salah satu menu yang ditawarkan adalah sate kelinci. 

Tidak hanya di situ, pedagang sate kelinci juga bisa ditemui di depan area Taman Kaliurang, tempat para pedagang kuliner asongan berjualan. Di situ asap pembakaran sate kelinci membawa aroma yang sedap sehingga membuat wisatawan merasa lapar. 

Dengan uang Rp25.000, wisatawan sudah bisa menikmati satu porsi sate kelinci. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemahaman tentang Kanker Akan Turunkan Risiko Kematian

Sleman
| Senin, 06 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

35 Tahun ke Atas Dinilai Berisiko, Usia Berapakah yang Baik untuk Promil?

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement