Advertisement

Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 26 Januari 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kemenparekraf Optimistis Jumlah Wisatawan 2023 Naik Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/1/2022). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku optimistis dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan pada tahun ini, mengingat pemerintah sudah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Dengan dicabutnya PPKM menjadi angin segar bagi wisatawan, secara psikologis akan berpengaruh pada wisatawan, dengan muncul anggapan kalau status COVID-19 di Indonesia sudah sangat terkendali,” kata Sandiaga seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/1/2023).

Advertisement

“Namun demikian, Kemenparekraf [Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif] mengingatkan agar masyarakat tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Kita akan terus menggaungkan program sertifikasi CHSE dan mendorong lesson learned dari pandemi COVID-19,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Kemenparekraf pun optimistis dan akan menggenjot sektor wisata agar dapat tumbuh dua kali lipat di tahun ini. Sandiaga berharap, dicabutnya PPKM akan memantik kunjungan turis asing maupun wisatawan domestik.

“Kemenparekraf tahun ini akan menggenjot sektor pariwisata agar tumbuh dua kali lipat. Untuk ini, Kemenparekraf menargetkan kunjungan turis asing atau wisman naik menjadi 3,5-74 juta, sedangkan target pergerakan turis domestik atau wisnus melonjak menjadi 1,2 sampai 1,4 miliar,” terang Sandiaga.

Baca juga: Kalender Agenda Kulonprogo 2023 Dirilis, Ini Event yang Menarik

“Dengan dicabutnya PPKM diharapkan akan memantik kunjungan wisman maupun pergerakan wisnus di dalam negeri,” imbuhnya.

Di sisi lain, sepanjang libur Imlek kemarin, Sandiaga menyampaikan bahwa berdasarkan sejumlah data, terjadi peningkatan jumlah pengunjung di sejumlah destinasi wisata favorit.

Hal inilah yang semakin membuat Kemenparekraf optimistis untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di sepanjang tahun ini.

“Berdasarkan sejumlah data yang kami himpun, bahwa selama libur Imlek 2023 terjadi peningkatan jumlah pengunjung di sejumlah destinasi wisata favorit. Tercatat per 23 Januari 2023, sebanyak 956 wisatawan nusantara dan mancanegara telah mengunjungi wilayah Kepulauan Seribu, untuk menghabiskan waktu libur Imlek 2023,” ujar Sandiaga.

“Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 37.878 wisatawan berlibur di berbagai objek wisata di wilayah ini selama Libur Tahun Baru Imlek 2023. Humas Taman Margasatwa Ragunan melaporkan terjadi peningkatan pengunjung selama libur tahun baru Imlek 2023, yaitu pada Minggu 22 Januari, total pengunjung 61.026 orang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement