Advertisement

Di Negara Ini, Kereta Api Bisa Dicegat Seperti Naik Bus Kota

Lajeng Padmaratri
Senin, 13 Februari 2023 - 13:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Di Negara Ini, Kereta Api Bisa Dicegat Seperti Naik Bus Kota Kereta api "Skeena" di Kanada yang bisa dicegat di tengah jalan. - BBC - VIA Rail

Advertisement

Harianjogja.com, ALBERTA—Kendaraan yang bisa dicegat di tengah jalan untuk dinaiki ternyata tidak hanya angkot maupun bus kota. Di Kanada, negara itu punya kereta api yang juga bisa dicegat untuk dinaiki.

Melansir BBC, Kanada punya jalur kereta api paling indah di dunia. Kelebihan lainnya, di sana ada kereta yang bisa dicegat di jalan.

Advertisement

Jalur kereta yang dikelola VIA Rail Kanada itu menyediakan kereta yang biasa disebut “Skeena” atau “”Rupert Rocket” oleh warga lokal. Kereta itu berdurasi perjalanan dua hari dengan pemberhentian semalam di Kota Prince George, British Columbia, Kanada.

Jalur ini hampir tidak dikenal oleh wisatawan internasional, tetapi merupakan salah satu perjalanan kereta paling indah di dunia, sekaligus menyediakan jalur utama bagi masyarakat lokal.

Tracy MacLean, manajer layanan di kereta, menuturkan bahwa mereka beberapa kali berhenti ketika hendak masuk hutan. Sebagai layanan kereta yang bisa dicegat, rupanya Skeena berhenti untuk mengangkut seorang pemetik jamur yang biasa muncul dari balik pepohonan.

"Kami satu-satunya sumber transportasi untuk masuk dan keluar dari daerah terpencil," kata MacLean. Ia menjelaskan bahwa para insinyur dan staf selalu tahu dan mencari penumpang tetap yang naik dan turun kereta, seperti pertapa, penduduk daerah terpencil dan nelayan.

"Tepat sebelum kami menurunkan mereka, mereka akan berkata, 'Sepertinya saya akan keluar dari semak seminggu ke depan, atau Jumat depan, perhatikan ya.’ Saya kemudian mengkomunikasikannya dengan para insinyur, mereka mencatat dan memperhatikan jika ada orang itu."

Dia menambahkan, di lain kesempatan, ia menjemput dua pemburu yang tersesat dan tidak dapat menemukan jalan kembali ke truk mereka.

“Mereka mendengar suara kereta, jadi mereka turun ke rel. Ketika naik, mereka kotor, sangat kedinginan, lapar, dan sangat senang melihat manusia lain sehingga saya bahkan tidak menagih ongkos mereka."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BBC

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement