Advertisement

5 Lokasi Camping Asyik di Pantai Jogja Saat Hujan

ST22
Kamis, 16 Februari 2023 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
5 Lokasi Camping Asyik di Pantai Jogja Saat Hujan Ilustrasi camping di alam - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Musim hujan masih melanda tak menghentikan sebagian orang untuk tetap camping sebab nuansa healing akan terasa berbeda dari biasanya.

Hal terpenting dari camping bukan hanya persiapan barang bawaan yang matang namun lokasinya tentu harus aman dan nyaman untuk disinggahi, apalagi di saat hujan yang suka tak menentu. 

Advertisement

Jika masih bingung menentukan tempat camping, mari simak rekomendasi pantai untuk camping di saat hujan, berikut ini yang ada di DIY.

1. Pantai Kesirat

Terletak di Dusun Karang, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul pantai Kesirat ialah jenis pantai tebing karang dengan hamparan rerumputan hijau yang luas serta pemandangan pantai dari ketinggian ditemani suara deburan ombak, menjadi lokasi yang pas dan aman untuk camping di musim hujan.

Karena berada di ketinggian campers tidak perlu khawatir dengan ganasnya ombak jika hujan melanda dan justru akan disajikan keelokan mentari saat terbenam sebab tebing pantai menghadap ke barat.

2. Pantai Sadranan

Selain cocok untuk tempat camping, pantai  Sadranan juga memiliki banyak pilihan aktivitas snorkeling, perahu kano, dan tentunya menikmati sunrise dan sunset serta dengan catatan saat hujan tidak melanda.

Sering dikunjungi wisatawan membuat akses menuju pantai sudah apik dan mudah, fasilitas umum seperti seperti toilet, kamar mandi, hingga mushola juga sudah tersedia mempermudah campers yang ingin singgah di pantai.

3. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo bukan jenis pantai pasir putih yang tidak terlalu luas, jangan khawatir dengan ombak besar batuan karang di pantai memecah ombak serta memiliki bentuk serupa teluk yang dikelilingi bukit karang sehingga lokasinya aman untuk camping meski di musim hujan sekalipun.

Uniknya, batuan karang tersebut membentuk kolam alami dengan kedalaman sekitar 1,5m, sehingga tak jarang dijadikan lokasi berenang tanpa khawatir tersapu ombak. Ceruk-ceruk batuan karang sering menjadi lokasi mencari ikan hias, jadi sepulang dari camping bisa menambah populasi di akuarium dirumahmu. Pantai ini pun cukup terkenal sebagai lokasi surfing.

4. Pantai Greweng

Mencari lokasi pantai yang jarang diketahui banyak orang? Pantai Greweng lah jawabannya. Masih satu rute dengan pantai wediombo campers perlu waktu sekitar 40 menit dengan berjalan kaki untuk sampai ke lokasi, melalui jalan setapak yang telah terbentuk secara alami.

Sesampai di pantai Greweng hamparan pantai pasir putih dikelilingi karang-karang raksasa ditambah nuansa damai siap menyambut campers. Menariknya ada aliran sungai air payau yang membelah pasir putih dan sering dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci peralatan makan atau masak.

Jangan lupa bawa perbekalan yang banyak mengingat lokasi pantai masih sepi sehingga warung pun tidak tersedia 24 jam.

5. Pantai Wohkudu

Sedikit mirip dengan pantai Greweng akses menuju pantai perlu berjalan menuruni bukit karang terlebih dahulu. Tapi pesona pantai Wohkudu tak kalah menarik dengan pantai lain dimana letaknya diapit dua tebing seolah menjadi bingkai saat matahari terbenam, kawasan rerumputan hijau yang tak kalah luas dengan hamparan pasir putihnya aman untuk camping.

Beberapa batuan karang besar memecah ombak sehingga pantai Wohkudu memiliki ombak yang tenang, airnya pun masih jernih dan cenderung sepi pengunjung tepat bagi campers yang mencari ketenangan saat camping. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mulailah Perjalanan Kuliner di sepanjang Pesisir Aegea di Turki

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 03:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement