Advertisement

Eksotisme 5 Wisata Air di Jogja, Segarnya Kebangetan

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 20 Februari 2023 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Eksotisme 5 Wisata Air di Jogja, Segarnya Kebangetan Sejumlah warga membuat jalur keluar masuk wisatawan di kawasan wisata Air Terjun Sri Getuk, Kalurahan Bleberan, Kapanewon, Playen, belum lama ini. - Istimewa/Dokumen Desa Wisata Bleberan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Membicarakan pariwisata Jogja memang tidak akan pernah habisnya. Setiap saat selalu ada tempat wisata yang baru, terutama wisata alamnya. 

Banyak wisata alam yang bisa dieksplorasi, salah satunya wisata air. Di tempat ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangannya tetapi juga bisa bermain air dan menikmati kesegarannya. 

Advertisement

Berikut ini lokasi wisata air alias ciblonan di Jogja yang bisa Anda kunjungi setiap saat:

1. Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka terletak di perbukitan Menoreh, Kulonprogo, tepatnya di Jalan Gunung Kelir, Girimulyo, Jatimulyo. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Jogja. Tidak butuh biaya mahal. Untuk memasuki kawasan wisata alam ini, pengunjung hanya ditarik Rp11.000 per orang. Mulai pukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB, pengunjung bisa memanjakan diri bermain air di tempat ini.

Air terjun Kembang Soka memiliki warna air yang putih kebiruan menyejukkan mata. Ada tiga area yang bisa dieksplore. Pertama area ciblon anak, kedua kali miri dan ketiga adalah area ciblon dewasa.

Selain bisa untuk resfreshing menghilangkan penat, Kembang Soka juga bisa menjadi spot foto yang Instagramable. Banyak spot-spot yang bisa dikunjungi, salah satunya jembatan kayu di atas air yang mengalir. Fasilitas pendukung pun sudah tersedia seperti warung makan, mushola dan toilet. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir untuk menghabiskan hari di Kembang Soka.

2. Curug Pulosari

Mengutip Wikipedia, Curug Pulosari atau Air Terjun Pulosari adalah objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Bantul bagian barat, letaknya di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

Pengunjung bisa ciblon atau berenang di tempat ini dengan ditemani suara deburan air yang jatuh dari ketinggian. Dari postingan akun Air di Curug Pulosari berwarna kehijauan. Pepohonan yang ada di sekitar air terjun juga menambah kealamian tempat ini.

3. Blue Lagoon

Salah satu tempat ciblonan di Sleman adalah Blue Lagoon Tirta Budi. Lokasinya berada di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa melewati Jalan Kaliurang. Sampai di pertigaan Besi atau di Kilometer 12,3, Anda belok ke timur sekitar 5 kilometer. Sampai di pertigaan Jangkang, Anda bisa belok ke kanan 200 meter dan sampailah di Dusun Dalem. 

Blue Lagoon adalah sebuah aliran sungai berwarna kehijauan. Ada dam yang sengaja dibuat untuk tempat berenang. Pengunjung bisa memilih kedalaman air karena kedalaman berkisar 1-3 meter. Sementara untuk anak-anak balita bisa bermain air di lokasi yang lebih dangkal. 

Banyak gazebo di sepanjang kali sehingga cocok bagi anggota keluarga yang ingin bersantai di tempat ini. Banyaknya pohon bambu membuat tempat ini rindang dan sejuk. Tiketnya kisaran Rp10.000 per orang. 

4. Air Terjun Sri Getuk

Beralih dari Sleman, ada tempat wisata air lainnya di daerah Gunungkidul yaitu Air Terjun Sri Getuk. Air Terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Gunungkidul. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit.

Lokasi ciblonannya terbagi di dua tempat. Pertama, di lokasi air terjun dan kedua di Sungai Oyo. Di lokasi air terjun cocok bagi anak-anak dan orang-orang yang takut dengan kedalaman. Sementara bagi pecinta alam, bisa memilih ciblonan di Sungai Oyo karena kedalamannya lebih dari 10 meter. 

Biaya masuknya Rp15.000 per orang, sudah termasuk kunjungan wisata ke Goa Rancang yang lokasinya tak jauh dari pintu masuk air terjun. Sementara untuk menaiki rakit dibanderol Rp10.000 per orang. 

5. Kedung Pedut

Lokasi ciblonan selanjutnya adalah Kedung Pedut. Air Terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut berasal dari istilah bahasa Jawa. Curug yang berarti air terjun, kedung berarti kubangan atau kolam, dan pedut berarti kabut. Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam yang di Kulonprogo yang dikenal karena keindahan warna airnya.

Alamatnya ada di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Tiket masuknya juga terjangkau. Hanya dengan membayar sekitar Rp10.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati kesegaran air terjun dan keasrian perbukitan Menoreh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement