Advertisement

Hidangan Ramadan: Nila Bakar Saus Kurma Cocok untuk Buka Puasa

Ujang Hasanudin
Kamis, 09 Maret 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Hidangan Ramadan: Nila Bakar Saus Kurma Cocok untuk Buka Puasa Santapan menu nila bakar saos kurma dan nila asam manis tabur kurma. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kurma identik dengan Ramadan sebagai makanan pembuka untuk buka puasa. Hal itu dimanfaatkan oleh Nuning Sugiarti yang tidak hanya menyediakan kurma yang bisa dimakan langsung, namun juga memadukan kurma dengan masakan lainnya sebagai salah satu menu buka puasa di warung makan miliknya, Sambal Pawon Paris di Jalan Parangtritis KM 6, Sewon, Bantul.

Menu yang dipadukan dengan kurma adalah ikan nila asam manis tabur suwiran kurma dan nila bakar saus kurma. Nuning mengatakan ikan nila bakar, nila goreng, dan nila asam manis, serta tongsong nila sudah ada sebelumnya dan menjadi menu favorit di warung makannya.

Advertisement

BACA JUGA : Jelang Ramadan, Warga Sedan Ngaglik Sleman Bersih 

Berbekal dari kegemaran memasak dan suka mencari hal baru ia mencoba memadukan masakan ikan nila dengan kurma karena momennya pas dengan Ramadan yang tinggal menghitung hari. “Kebetulan saya suka memasak dan mencoba membuat menu variasi baru. Terus ketemu menu nila asam manis tabur kurma dan nila bakar saus kurma,” katanya kepada wartawan Selasa (7/2/2023).

Nuning mengatakan alasan pemilihan kurma karena kurma memiliki banyak kandungan nutrisi dan banyak dicari umat muslim terutama saat bulan puasa. Sementara pemilihan ikan nila karena mudah mendapatkannya di pasaran dan ikan nila juga kaya akan protein.

“Kurma itu kan juga sebagai penambah stamina, jadi kalau dipadu dengan ikan nila banyak mengandung protein dan vitamin sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya saat menjalani puasa,” klaimnya.

Perempuan yang pernah jadi juara nasional dalam lomba olahan ikan 2010 lalu ini menjelaskan cara membuat saus kurma pertama mencari kurma yang masak dengan warna coklat gelap. Buang biji kurma lalu potong kecil-kecil dan belender. Lalu tuangkan ke dalam panci dan masak di atas api kecil. Sementara ikan nila dibakar terlebih dahulu dengan bumbu rempah khas racikannya. Setelah nila dibakar kemudian ditaburi saus kurma dan dipanaskan dalam panci.

BACA JUGA : Pasar Sore di Kota Jogja Jadi Sorotan saat Ramadan

nila asam manis tabur kurma seperti biasa membuat nila asam manis dengan rempah. Awalnya nila digoreng terlebih dahulu, kemudian dimasak asam manis. Setelah itu ditaburi cuiran kurma dan bawang bombai serta tomat dan siap disantap.

Untuk rasa, ada sensasi tersendiri selain asam manis dan gurih dari bumbu rempah juga bercampur dengan manisnya kurma. Terkait harga, Nuning menyebut sangat terjangkau karena sudah satu paket dengan nasi dan sambal, “Satu porsi menu asam manis nila tabur kurma dan nila bakar saus kurma Rp25.000,” katanya.

Nuning menyatakan dua menu baru tersebut nantinya tidak hanya disajikan selama Ramadan, namun ke depannya akan dijadikan menu tetap untuk melengkapi menu lainnya yang sudah ada yang sebagian besar berbagai jenis ikan. Namun rumah makan depan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini juga menyediakan menu ayam dan bebek.     

Arifin Joko Winahyu,  47, warga Jogja, mengaku saat melintas di Jalan Parangtritis sengaja mampir di warung makan Sambal Pawon Paris untuk makan siang. Saat melihat menu ada nilai bakar saus kurma dan nila asam manis tabur kurma. Karena belum pernah ia temukan sebelumnya, Arifin penasaran dan memesan menu tersebut bersama istrinya, Setiyaningsih. “Saya baru nyoba menu ini ternyata enak juga ada sensasi manis kurmanya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bupati Sleman Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa, Ini Program yang Disiapkan

Sleman
| Rabu, 29 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Wow, 5 Restoran di Inggris Ini Sajikan Tempe sebagai Makanan Mewah

Lifestyle
| Selasa, 28 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement