Advertisement

Di Negara Ini, Ada Jalan Raya yang Dibangun di Atas Sungai Sepanjang 4,4 Kilometer

Lajeng Padmaratri
Minggu, 12 Maret 2023 - 13:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Di Negara Ini, Ada Jalan Raya yang Dibangun di Atas Sungai Sepanjang 4,4 Kilometer Jalan raya di China yang melintasi sungai sepanjang 4,4 kilometer. - Xinhua/Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, HUBEI—Sebuah lembah sungai pegunungan di provinsi Hubei China menjadi rumah bagi salah satu infrastruktur paling mengesankan di negara Asia. Di sana, ada sebuah jembatan jalan raya yang melintasi tengah sungai atau disebut river highway.

Diselesaikan pada tahun 2015, jalan itu secara luas dianggap sebagai keajaiban infrastruktur. Dirancang untuk menghubungkan kota Gufuzhen di daerah Xingshan ke jalan raya utama yang menghubungkan Shanghai dan Chengdu di Cina barat daya, jalan raya gantung yang unik ini sekilas tidak masuk akal.

Advertisement

Mengapa jembatan besar dibangun di tengah Sungai Xiangxi, padahal Anda bisa membuatnya berjalan di sampingnya, di darat? Padahal, sudah ada jalan di sepanjang sungai, artinya jelas bisa dilakukan, jadi mengapa tidak membangun jalan raya seperti itu?

Melansir Oddity Central, rupanya para insinyur China memutuskan bahwa jalan raya gantung yang membentang di sepanjang tengah sungai tidak hanya lebih murah untuk dibangun, tetapi juga lebih efisien. Mereka menganggap bahwa membangun jalan raya melalui lanskap pegunungan yang kompleks seperti Lembah Sungai Xiangxi di Hubei lebih sulit daripada kedengarannya. Ini melibatkan penggalian bermil-mil terowongan melalui batu, merelokasi orang yang tinggal di tepi sungai, dan mempengaruhi flora dan fauna setempat.

Setelah menghitung, tim insinyur menunjukkan bahwa membangun jembatan jalan raya di atas sungai lebih murah dan lebih cepat daripada membangun jalan raya di darat.

Sudah jelas bahwa membangun jalan gantung sepanjang 4,4 kilometer yang mengikuti lekukan Sungai Xiangxi bukanlah pekerjaan yang murah, tetapi tampaknya lebih baik daripada alternatifnya. 440 juta yuan atau setara Rp987 miliar yang dihabiskan untuk jalan raya sungai yang unik ini tampaknya beberapa kali lebih kecil dari biaya proyek jalan raya darat di lembah ini.

Lebih dari itu, jalan ini mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk berkendara dari Gufuzhen ke jalan raya utama dari lebih dari satu jam menjadi hanya 20 menit. Apalagi, pemandangannya yang menakjubkan untuk berkendara di tengah sungai jadi salah satu daya tarik tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bupati, Wakil Bupati hingga Lurah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada 2024 di Kantor PDIP Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement