Advertisement

Nyepi 2023, Candi Prambanan Ditutup untuk Umum

Newswire
Rabu, 15 Maret 2023 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nyepi 2023, Candi Prambanan Ditutup untuk Umum Umat Hindu berjalan keluar usai melakukan pradaksina atau berjalan mengitari Candi Prambanan. Foto arsip. - JIBI/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan dan Ratu Boko akan menutup destinasi wisata Candi Prambanan saat perayaan Nyepi 2023 pada Rabu (22/3/2023) mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan Kamis (23/3) pukul 06.00 WIB.

"Hal ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada seluruh umat Hindu, yang merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 di kawasan Candi Prambanan," kata Direktur Utama PT TWC Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan di Sleman, Rabu (15/3/2023).

Advertisement

Menurut dia, TWC sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkualitas dan berkelanjutan.

Terdapat empat pilar pengelolaan destinasi wisata yang dilakukan oleh TWC, yaitu edukasi, konservasi, spiritual dan pariwisata.

"Spiritual merupakan salah satu pilar pengelolaan destinasi Taman Wisata Candi Prambanan," katanya.

Baca juga: Induk Facebook Meta Bakal PHK Besar-besaran, Capai 10.000 Karyawan

Ia mengatakan, membawa intisari amerta, air kehidupan, umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi dengan melakukan tapa brata, berdiam diri tanpa melakukan aktivitas duniawi apapun.

Sementara, rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 di Candi Prambanan sudah dimulai pada 21 Maret 2023.

Kegiatan dimulai dengan Upacara Tawur Kesanga yang rencananya diikuti oleh ribuan umat Hindu dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu, di TWC Prambanan juga diadakan Kirab Pawai Ogoh-Ogoh dan Pangrupukan yang bisa dinikmati oleh wisatawan sebagai tourism attraction.

"Hal ini turut memberi added value experience bagi pengunjung destinasi, sekaligus menambah atraksi berupa seni pertunjukan bernuansa religius yang bisa dinikmati pengunjung secara umum," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya

Lifestyle
| Selasa, 16 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement