Advertisement

Hotel Unik Lintas Negara, Bisa Tidur dengan Kepala di Swiss & Kaki di Prancis

Lajeng Padmaratri
Minggu, 02 April 2023 - 20:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Hotel Unik Lintas Negara, Bisa Tidur dengan Kepala di Swiss & Kaki di Prancis Hotel Arbez terletak di perlintasan dua negara, Prancis dan Swiss. - The Sun

Advertisement

Harianjogja.com, LES ROUSSES—Hotel ini memungkinkan tamunya bisa mengunjungi dua negara dalam satu malam saat menginap. Rupanya hal ini dilatarbelakangi oleh sebuah perjanjian di antara kedua negara.

Hotel bernama Arbez atau L'Arbézie itu terletak di perbatasan Prancis dan Swiss. Di sana ada beberapa kamar yang melintasi kedua negara. Para tamu dapat memilih dari sejumlah kamar "binasional", seperti kamar sembilan.

Advertisement

Melansir The Sun, alasan di balik lokasinya yang aneh adalah karena Perjanjian Dappes, yang ditandatangani pada tahun 1862. Kala itu kedua negara mengizinkan pertukaran teritorial kecil yang memberi Prancis jalan terdekat.

Perjanjian itu pun mempengaruhi keberadaan hotel yang dibuka pada tahun 1921 itu. Penginapan itu menjadi unik karena setengahnya berada di Prancis dan setengahnya lagi di Swiss.

Penulis cerita perjalanan Miquel Ros pernah tinggal di salah satu kamar di perbatasan, dan mengatakan itu berarti para tamu bisa tidur dengan kepala di Swiss dan kaki di Prancis.

"Terlihat dari jendela, dan hanya beberapa meter jauhnya, adalah dua pos perbatasan, yang Swiss di sisi kanan, yang Perancis sedikit lebih jauh di kiri, dengan hotel menempati sebidang tanah berbentuk segitiga. terjepit di antara keduanya,” kata dia seperti dikutip dari The Sun.

Meski demikian, beberapa insiden diplomatik telah terjadi dalam sejarah hotel tersebut. Misalnya, sekelompok pria didenda oleh petugas bea cukai Swiss setelah mereka tertangkap basah sedang bermain kartu buatan Prancis di sisi resor Swiss.

Selama pandemi Covid-19, hotel sempat mengalami masalah setelah kontrol perbatasan diberlakukan yang berbeda antara Prancis dan Swiss.

Sekarang, tamu dapat memesan kamar dengan harga kurang dari £100 atau setara Ro1,8 juta per malam. Selain itu, pastikan Anda membawa paspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Sun

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement