Advertisement

Welcome Pemudik, Ini Daftar Wisata Jogja yang Bisa Dikunjungi saat Lebaran

Tri Indah Lestari (ST22)
Senin, 17 April 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Welcome Pemudik, Ini Daftar Wisata Jogja yang Bisa Dikunjungi saat Lebaran Salah satu spot foto menarik di Jogja yang terletak di kompleks Teras Malioboro 1 - Instagram @terasmalioboro_

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lebaran tinggal menghitung hari. Larangan mudik yang sudah tidak ada lagi seiring dihapusnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan membuat kota-kota tujuan mudik seperti Jogja ramai. 

Jogja mulai terasa sepi karena para perantau pulang. Namun jangan khawatir karena sebentar lagi akan segera diganti dengan kedatangan para pemudik yang akan berlebaran di kota wisata ini.

Advertisement

Tak lengkap rasanya jika sudah di Jogja namun hanya di rumah saja. Bagi Anda para pemudik yang ingin jalan-jalan ke Jogja, berikut daftar tempat wisata yang buka dan bisa dikunjungi saat Lebaran tiba:

1. Malioboro

Meski Lebaran tiba, ikon Jogja yakni kawasan Malioboro akan tetap buka bahkan diperkirakan akan jauh lebih ramai dari hari-hari libur besar biasanya. Tak hanya dapat menikmati suasana Jogja yang terasa begitu kental, wisatawan dapat dengan mudah belanja oleh-oleh, keliling sekitar kawasan Malioboro naik andong atau becak, maupun sekedar berswafoto menambah koleksi di galeri fotomu.

2. Alun-alun Kidul

Siapa sih yang tidak kenal dengan tantangan melewati pohon beringin kembar sambil menutup mata di Jogja dan jika berhasil pertanda bahwa hati orang tersebut bersih. Alun-alun Kidul (Alkid) ialah tempat dimana pohon beringin yang melegenda ini berada.

Baca juga: Tol Jogja Solo yang Sudah Dibuka Bisa Ditempuh Hanya dalam 8 Menit

Jika ingin berkunjung kesini disarankan untuk datang dari sore hingga malam hari sehingga kamu bisa sekaligus kulineran jajanan di sepanjang kawasan alkid. Tak jauh dari lokasi ada Plengkung Gading dikenal juga sebagai Plengkung Nirbaya, dimana bangunan bersejarah ini adalah gapura pintu masuk menuju jeron benteng Keraton Jogja.

Tak hanya satu, termasuk Plengkung Gading ada 5 Plengkung lain yang terhubung dengan Keraton antara Plengkung Tarunasura, Plengkung Nirbaya, Plengkung Madyasura, Plengkung Jaga Surya dan Jagabaya

3. Hutan Pinus Mangunan

Tempat mencari udara segar di sisi timur Jogja saat Lebaran yang pas ialah di Hutan Pinus Dlingo tepatnya berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Menikmati udara sejuk dan eloknya pemandangan hamparan bukit di ketinggian bisa wisatawan masuki dengan membayar tiket seharga berkisar Rp3000 hingga Rp 5000 saja.

4. Kebun Binatang Gembira Loka

Menjelajah kebun binatang Gembira Loka bisa jadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu libur Lebaran bersama keluarga. Buka saat Lebaran wisatawan dapat melihat koleksi satwa yang terbagi menjadi enam zona diantaranya zona cakar, zona mamalia, zona petting zoo, zona primata, zona reptil, dan zina taman burung.

Gembira Loka dapat dikunjungi pada hari biasa mulai pukul 09.00-15.00 WIB sedangkan akhir pekan pada pukul 08.30-16.00 WIB namun saat Lebaran akan terdapat perubahan jadwal yang belum dapat dipastikan. Masuk ke dalam kebun binatang yang berlokasi di Jalan Veteran No.47, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta wisatawan perlu merogoh saku mulai dari harga Rp60.000 hingga Rp75.000 khusus saat libur nasional.

5. Pantai Parangtritis

Dikenal pula dengan julukan Paris, Pantai Parangtritis tentu wajib dikunjungi apalagi bagi wisatawan yang baru pertama kali ke Jogja. Sore ialah waktu terbaik mengunjungi pantai yang terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidul ini, pada waktu ini kamu bisa menikmati pantulan cahaya matahari di pasir hitam pantai ataupun sekedar menikmati deburan ombak pantai selatan. Memasuki wilayah ini wisatawan cukup membayar Rp 10.000.

Sedikit tips jika ingin menikmati hamparan pantai selatan Jogja dari ujung ke ujung dibandingkan masuk melalui gerbang TPR tengah disarankan untuk masuk melalui gerbang TPR yang mengarah ke Landasan Pacu Pantai Depok.

6. Agrowisata Bhumi Merapi

Santorini Jogja di kaki gunung Merapi ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar mengoleksi foto estetik nan memesona. Lokasinya yang berada di Jalan Kaliurang KM 20, Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Yogyakarta membuat wisatawan akan menikmati spot-spot foto menarik serta kebun binatang mini ditemani suasana sejuk pegunungan.

Buka setiap hari Agrowisata Bhumi Merapi dapat dikunjungi mulai pukul 09.00-17.00 WIB dengan harga tiket sebesar Rp30.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Buka Layanan Konsultasi bagi Paslon Perseorangan di Pilkada Kota Jogja

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement