Advertisement

Sambut Libur Lebaran, Pengelola Wisata Candi Prambanan Siapkan Ini

Abdul Hamied Razak
Selasa, 18 April 2023 - 06:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Sambut Libur Lebaran, Pengelola Wisata Candi Prambanan Siapkan Ini Sejumlah wisatawan berkunjung ke Candi Prambanan beberapa waktu lalu. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko memastikan kesiapan seluruh destinasi wisatanya untuk menyambut kunjungan wisatawan pada masa ramai Idulfitri atau libur Lebaran 2023.
Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Febrina Intan, mengatakan untuk Candi Prambanan pihaknya menyiapkan sejumlah atraksi wisata yang akan memberikan kenyamanan dan pengalaman berharga bagi para wisatawan. Pengunjung yang datang ke Prambanan akan disuguhi dengan aktivitas dan kegiatan seni, dan berhubungan dengan UMKM. 
"Kami memastikan kenyamanan dan keamanan pengunjung. Ekspoitasi candi bukan fokus kami tetapi bagaimana wisatawan bisa melakukan ekplorasi candi untuk memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung. Jadi pulang ke rumah bisa senang," katanya kepada wartawan, Senin (18/4/2023).
TWC, katanya akan memberikan warna sentuhan baru di tiap destinasi dengan menggandeng berbagai pihak, seperti UMKM dan komunitas kesenian tradisional di sekitar destinasi, guna menghadirkan berbagai aktivitas menarik. Misalnya, TWC mengajak pengrajin batik Shibori untuk memberikan atraksi pembuatan kerajinan batik Shibori. 
Wisatawan dapat berpartisipasi membuat batik Shibori serta instalasi Colours of Hope pada media kaos, kain dan pashmina pada periode 23 - 28 April 2023. Teknik pewarnaan kain yang sudah ada sejak abad ke-8 ini akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. 
“Pendaran warna-warni yang ada di kain Shibori dan kain Jumputan ini merupakan representasi dari keberagaman yang kami tangkap dalam narasi besar Heritage in Harmony,” jelas Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT TWC, Hetty Herawati.
Selain itu, PT TWC menghadirkan sejumlah hiburan dengan menggandeng kelompok komunitas kesenian di kawasan sekitar. Hiburan ini dibalut dalam atraksi seni budaya lokal dan dolanan anak tradisional. Selain itu, kuliner tempo dulu, jamu, dan produk kecantikan juga akan memanjakan wisatawan dengan hadirnya Pasar Medang Ratu Boko dan Pasar Medang Prambanan.
"Sajian kesenian tradisional akan menemani kunjungan wisatawan, di antaranya cokekan, gender, siter, srandul dan gejok lesung. Pasar Medang Prambanan juga akan menjadi atraksi menarik di kompleks Candi Prambanan. Uniknya, wisatawan dapat menggunakan koin kuno sebagai alat tukar belanja," tambahnya.
Di Masa Ramai Idulfitri, dihadirkan ragam tenant food truck di area Plaza Trimurti untuk menambah daya tarik wisatawan. Selain itu, Unit Teater dan Pentas yang mengelola Rama Shinta Garden Resto menghadirkan menu Syawalan Teample pada 22-29 April 2023. Menambah suasana santai, wisatawan yang menikmati menu makanan istimewa dan kemegahan Candi Prambanan ini akan dihibur oleh pertunjukan live akustik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bupati, Wakil Bupati hingga Lurah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada 2024 di Kantor PDIP Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement